Find Us On Social Media :

Komorbid Terkontrol 1 dari 6 Kelompok Masyarakat yang Tak Perlu Khawatir Terinfeksi Omicron

Mereka dengan komorbid terkontrol tidka perlu khawatir jika sampai terinfeksi Covid-19 varian Omicron.

GridHEALTH.id - Kita tentu sudah tahu, komorbid aliaspenyakit penyerta adalah suatu kondisi medis tertentu yang kronis.

Jika mereka dengan komorbid sampai terinfeksi Covid-19, kondisinya bisa membahayakan.

Sebab bisa memperparah kondisi komorbidnya.

Menurut Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica, “Lima penyakit komorbid terbanyak pada pasien Covid-19 diantaranya hipertensi, diabetus melitus, penyakit jantung, penyakit ginjal dan penyakit paru.”

“Pada orang yang memiliki komorbid dan komorbidnya tidak terkontrol, jika terinfeksi Covid-19, maka risikonya akan mengalami gejala yang lebih berat. Tapi tetap tenang, teruskan pengobatan untuk pengendalian penyakit komorbidnya, jaga kesehatan,” jelasnya, dikutip dari probolinggokab.go.id (6/12/2020).

Karenanya pasien Covid-19 dengan komorbid jika sampai terinfeksi Covid-19, tidak disarankan untuk isolasi mandiri di rumah.

Karena pasien tersebut membutuhkan perawatan dan pengawasan ketat dari tenaga medis karena risiko progresif ke kondisi berat sangat tinggi.

“Penyakit penyerta tidak saja tergantung usia, banyak komorbid yang tidak terdeteksi karena sebagian besar tidak menmbulkan gejala,” terangnya.

Masih menurut Dewi, beberapa cara agar orang dengan komorbid terhindar dari infeksi Covid-19 diantaranya tidak keluar rumah jika tidak terpaksa.

Baca Juga: Memijat untuk Meredakan Masuk Angin dan Perut Kembung, Ini Titik yang Harus Dipijat

Komorbidnua harus selalu terkontrol alias stabil, jangan alpa kontrol rutin ke dokter. Tentu protokol kesehatan dalam keseharaian harus ketat.

Memang jika komorbid tidak terkontrol lalu terinfeksi Covid-19, ceritanya bisa gawat.