Find Us On Social Media :

Keuntungan Melahirkan Caesar, Tidak Hanya Melahirkan Tanpa Rasa Sakit

Inilah keuntungan melahirkan caesar.

GridHEALTH.id - Melahirkan caesar dikenal sebagai metode melahirkan tanpa rasa sakit.

Hal ini dikarenakan operasi caesar dilakukan menggunakan beberapa anestesi atau obat bius yang efektif untuk meredakan atau menghilangkan nyeri saat persalinan.

Diketahui menurut laman mayoclinic.org (12/6/2020), operasi caesar sendiri adalah prosedur pembedahan yang digunakan untuk melahirkan bayi melalui sayatan di perut dan rahim.

Operasi caesar mungkin direncanakan sebelumnya jika ibu hamil mengalami komplikasi kehamilan, pernah menjalani operasi caesar sebelumnya, atau tidak mempertimbangkan kelahiran normal setelah operasi caesar (VBAC).

Sama seperti proses persalinan lainnya, operasi caesar juga memiliki risiko.

Namun jika dibandingkan dengan persalinan normal, operasi caesar dianggap minim risiko.

Namun, komplikasi serius jarang terjadi untuk operasi caesar pertama, terutama jika direncanakan (elektif), dan ibu hamil memiliki kondisi yang bugar dan sehat.

Lantas apa saja keuntungan operasi caesar bagi ibu hamil?

Melansir laman babycentre.co.uk (6/2021), keuntungan melahirkan caesar bagi ibu hamil tidak hanya menawarkan proses melahirkan tanpa rasa sakit.

Baca Juga: 12 Alasan Kenapa Ibu Hamil Harus Melahirkan Secara Caesar, Jangan Kaget

Jika ibu hamil telah disarankan oleh dokteruntuk menjalani operasi caesar, maka ibu akan tahu bahwa ini akan menjadi proses persalinan yang aman untuk ibu dan bayi yang dikandung.

Menjalani operasi caesar terencana juga berarti ibu akan tahu kapan bayi akan dilahirkan.