Find Us On Social Media :

Suka Seafood? CDC Peringatkan Tidak Mengonsumsi Tiram Mentah

Risiko makan oyster mentah.

GridHEALTH.id – Mengonsumsi tiram atau oyster mentah menjadi kegemaran banyak orang.

Menurut Food Source Information at Colorado State University, makan oyster mentah sudah dilakukan sejak 2.000 tahun yang lalu.

Meski begitu, mengonsumsi oyster mentah tidak terlalu disarankan karena mempunyai efek buruk jika dilakukan sembarangan.

Dilansir laman CDC, Jumat (11/02/2022), makan oyster mentah dapat meningkatkan risiko penyakit bawaan makanan yang disebabkan oleh bakteri Vibrio.

Bakteri ini secara alami berada di perairan pantai tempat tiram hidup. Tiram makan dengan cara menyaring air, sehingga Vibrio dan bakteri serta virus berbahaya lainnya mungkin dapat masuk ke dalam.

Saat mengonsumsi oyster mentah atau setengah matang, kuman yang ada di dalam mulut tiram mungkin akan berpindah ke tubuh dan menyebabkan penyakit.

Infeksi bakteri ini, umumnya menyebabkan seseorang mengalami sakit ringan yang gejalanya meliputi diare dan muntah.

Tapi ada juga yang orang-orang yang mengalami kondisi cukup parah. Bahkan 1 dari 5 orang yang terinfeksi Vibrio vulnificus harus kehilangan nyawa.

Pasalnya, infeksi Vibrio vulnificus dapat menyebbakan infeksi pada aliran darah, luka melepuh di kulit yang parah, dan amputasi anggota tubuh.

 Baca Juga: 5 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Bumil, Berisiko Bagi Janin

Orang-orang dengan kondisi berikut ini, sebaiknya tidak mengonsumsi tiram alias oyster mentah, karena berisiko tinggi terkena infeksi vibriosis.

1. Memiliki penyakit hati, kanker, diabetes, HIV, atau kelainan darah thalassemia