Find Us On Social Media :

Persiapan Puasa Bagi Penderita Maag, Perhatikan 6 Hal Ini Untuk Cegah Kekambuhan

Mengatasi asam lambung saat bulan puasa ramadan.

GridHEALTH.id - Puasa Ramadhan 2022 atau 1443 H sebentar lagi.

Tentu sebagai umat muslim penting untuk melakukan persiapan sebulumnya supaya ibadah puasa yang dilakukan berjalan dengan lancar.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat akan meaksanakan ibadan puasa adalah menjaga kondisi kesehatan badan.

Misalnya saja bagi penderita maag, dimana mereka perlu melakukan adaptasi supaya ibadah puasa yang dijalan tidak membuat penyakitnya kambuh.

Diketahui maag sendiri merupakan rasa tidak nyaman di perut bagian atas, yang kebanyakan disebabkan oleh asam lambung.

Ketika maag terjadi penderitanya bisa mengalami gejala khas seperti heartburn atau dada terasa terbakar (panas), nyeri dada, rasa mengganjal di tenggorokan, dan kadang-kadang hidung sulit bernapas.

Sementara itu terkait maag sendiri, ini diketahui sebagai salah satu gangguan pencernaan yang paling sering dialami banyak orang saat ibadah puasa. 

Demikian yang disampaikan Spesialis dari Klinik Gastroenterologi di Klinik Cleveland Abu Dhabi, di laman clevelandclinicabudhabi.ae (20/4/2021).

Mereka melaporkan bahwa selalu ada peningkatan tajam dalam jumlah orang yang mengunjungi mereka selama bulan Ramadhan.

Baca Juga: Persiapan Puasa Bagi Ibu Hamil, Nyaman Beribadah Selama Ramadan

Keluhan umum termasuk penyakit refluks gastro-esofagus (GERD), di mana makanan mengalir kembali dari lambung ke kerongkongan, dan gastritis, yang disebabkan oleh peradangan pada lapisan lambung.

Karena itu, mereka mengimbau kepada penderita maag untuk melakukan persiapan sebelum menjalankan ibadah puasa, yakni dengan menjalankan kebiasaan yang lebih sehat.