Find Us On Social Media :

Pentingnya Suplemen Vitamin E, Meningkatkan Imunitas di Masa Pandemi

Meningkatkan daya tahan tubuh bisa diperoleh dengan mengonsumsi vitamin E.

GridHEALTH.id - Daya tahan tubuh yang kuat dibutuhkan agar dapat menjalani aktivitas dengan nyaman di tengah pandemi Covid-19.

Mengingat saat ini terdapat varian Omicron, yang menyebabkan terjadinya kenaikan kasus Covid-19 di Indonesia.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam, dr Prasna Pramita, Sp.PD, K-AI, MARS, FINASIM mengatakan, bahwa masyarakat tidak boleh meremehkan Covid-19 varian Omicron, meskipun dinilai tidak menyebabkan sakit yang parah seperti varian Delta.

“Ah itu  tidak apa-apa, nanti kita sembuh. Iya benar, kita sembuh. Tapi tetap kita harus waspada, tetap harus menjaga kesehatan tubuh, kita harus tetap mempunyai imunitas yang kuat. Supaya kita bisa tidak tertular ataupun kalau terkena, tidak terlalu berat,” kata dokter Prasna dalam konferensi pers vitual Natur-E ‘Nyaman Beraktivitas di Tengah Varian Omicron’, Rabu (16/02/2022).

Sistem kekebalan tubuh menjadi garda terdepan untuk melawan zat asing, seperti virus, yang masuk ke dalam tubuh.

Dokter Prasna menjelaskan, sistem imun tubuh terbentuk di sumsum tulang, yang terdapat dua sel penting, yakni sel B dan sel T.

Sel B berperan untuk membentu antibodi. Sedangkan sel T atau limfosit T, berperan untuk mengontrol respons imun dalam melawan radikal bebas.

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh di tengah merajalelanya varian Omicron.

Misalnya dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi seimbang, minum air putih 6-8 gelas setiap hari, berolahraga, dan tidur yang cukup.

Baca Juga: 4 Tips Merawat Lansia yang Terinfeksi Covid-19 Selama di Rumah

Dokter Prasna juga mengingatkan untuk rutin berjemur di bawah sinar matahari secara langsung.

“Berjemur itu ada waktunya, jam 10.00 sampai 15.00. Tetapi kita tidak usah berjemur selama itu, cukup 10 sampai 15 menit saja,” ujar dokter Prasna.