Find Us On Social Media :

3 Hal yang Menjadi Kunci Kesembuhan Ibu Hamil yang Terinfeksi Covid-19

Pengobatan Covid-19 pada ibu hamil. Penting jalani 3 hal yang menjadi kunci kesembuhan berikut ini.

GridHEALTH.idIbu hamil masuk ke dalam kelompok orang yang rentan terinfeksi Covid-19, selain orang lanjut usia (lansia) dan anak-anak.

Melansir laman CDC, Kamis (17/02/2022), perubahan tubuh yang terjadi selama kehamilan, membuat ibu hamil lebih mudah mengalami sakit parah akibat virus pernapasan seperti yang SARS-CoV-2 yang menyebabkan Covid-19.

Sejumlah penelitian juga menunjukkan bahwa ibu hamil yang terkonfirmasi positif Covid-19, mempunyai kemungkinan melahirkan bayinya lebih cepat atau prematur.

Risiko tersebut meningkat, terutama jika ibu hamil mempunyai penyakit penyerta seperti obesitas, darah tinggi, atau diabetes.

Meski begitu, ibu hamil dapat menjalani pengobatan Covid-19 secara mandiri di rumah dengan mengikuti panduan yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan.

Sebelum melakukan isolasi mandiri, ibu hamil harus memastikan telah memenuhi syarat-syarat berikut ini, yang dilansir dari laman Covid19.go.id, Kamis (17/02/2022).

- Tidak mempunyai penyakit penyerta (komorbid) ataupun komplikasi medis lainnya, seperti asma, penyakit jantung, diabetes, ginjal kronik, penyakit hati, obesitas, HIV, TBC, disabilits, dan penyakit autoimun.

- Saat dinyatakan positif Covid-19, usia kehamilan berada di bawah 39 minggu.

- Ibu hamil belum menunjukkan tanda-tanda persalinan

 Baca Juga: FKG UI; Hanya dengan Berkumur dan Gargle Turunkan Risiko Infeksi Covid-19

- Tidak menunjukkan tanda bahaya kehamilan dan nifas yang bisa dilihat dalam buku KIA (Kesehatan Ibu dan Anak).

- Mendapatkan izin untuk melakukan isolasi mandiri dari dokter atau tenaga kesehatan.