Find Us On Social Media :

Jangan Begadang, Ini Manfaatnya Tidur di Bawah Jam 10 Malam, Bebas Penyakit Jantung

Tidur di bawah jam 10 malam menghindarkan kita dari risiko penyakit jantung.

GridHEALTH.id - Menurut penelitian, ada waktu yang optimal untuk tidur, setidaknya dalam hal kesehatan jantung adalah jangan begadang dengan waktu ideal antara jam 09.00-10.00 malam.

Studi tersebut, berdasarkan data dari lebih dari 88.000 peserta UK Biobank, menunjukkan bahwa tidur di bawah jam 10 malam dikaitkan dengan risiko lebih rendah terkena penyakit kardiovaskular dibandingkan dengan tidur lebih awal atau lebih lambat di malam hari.

Dr David Plans, kepala penelitian di Huma Therapeutics dan dosen senior di University of Exeter, di Inggris yang ikut menulis studi tersebut, mengatakan satu kemungkinan adalah bahwa waktu tidur awal atau larut malam dapat mengakibatkan individu kehilangan isyarat penting seperti siang hari, yang membantu mengatur ulang jam internal tubuh setiap hari.

"Jika jam tubuh tidak diatur ulang dengan benar dalam jangka waktu yang lama,  ketidaksejajaran perilaku dan jam sirkadian meningkatkan peradangan dan dapat mengganggu regulasi glukosa, yang keduanya dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular", kata Plans.

Menulis di jurnal European Heart Journal – Digital Health, Plans dan rekan melaporkan bahwa 3.172 dari 88.026 peserta, yang direkrut antara tahun 2006 dan 2010, mengembangkan penyakit kardiovaskular selama rata-rata waktu tindak lanjut 5,7 tahun, tidak satupun dari mereka memiliki kondisi tersebut, atau gangguan tidur, pada awal penelitian.

Tim kemudian mengambil data dari perangkat berbasis pergelangan tangan yang dikenakan oleh peserta selama tujuh hari untuk mengeksplorasi apakah ada hubungan dengan waktu peserta tertidur di malam hari.

Tim menemukan bahwa dari 3.172 peserta, 1.371 tertidur setelah tengah malam rata-rata selama tujuh hari memakai perangkat, 1.196 tertidur pada jam dari jam 11 malam, dan 473 tertidur pada jam dari jam 10 malam. Hanya 132 orang yang tertidur sebelum jam 10 malam.

Setelah mempertimbangkan berbagai informasi, seperti usia partisipan, jenis kelamin, status merokok, durasi tidur, ketidakteraturan tidur, apakah mereka menderita diabetes, tekanan darah, dan status sosial ekonomi juga dilihat.

Ppara peneliti menemukan partisipan yang tertidur antara pukul 10 malam hingga 22:59 malam memiliki risiko penyakit kardiovaskular yang lebih rendah daripada mereka yang tertidur lebih awal atau lebih lambat (begadang).

Baca Juga: Hari Tidur Sedunia; Kualitas Tidur Menentukan Sehat Fisik dan Psikis

Baca Juga: Sarapan Berisi Nutrisi Seimbang Penting Untuk Tumbuh Kembang Anak

Lebih khusus lagi, mereka yang tertidur di tengah malam atau setelahnya memiliki risiko 25% lebih tinggi untuk mengembangkan penyakit kardiovaskular, sementara mereka yang tertidur sebelum jam 10 malam memiliki risiko 24% lebih tinggi.