Find Us On Social Media :

Hari Tidur Sedunia; Kualitas Tidur Menentukan Sehat Fisik dan Psikis

Kualitas tidur berkaitan dengan risiko munculnya gangguan kesehatan fisiik maupun mental.

GridHEALTH.id- Kualitas tidur yang baik sangat penting untuk menjaga imunitas dan  kesehatan tubuh secara menyeluruh. Namun nyatanya, banyak orang dewasa yang mengalami gangguan tidur.

Praktisi Kesehatan Tidur, dr. Andreas Prasadja, RPSGT mengatakan, “Kualitas tidur yang baik berperan penting pada kesehatan tubuh dan produktivitas sehari-hari. Ciri tidur berkualitas adalah durasi cukup (7-9 jam), berkontinuitas (tidur tidak terhenti hingga bangun esok hari) dan kedalaman atau kenyenyakan," katanya webinar Peluncuran Antangin Good Night yang dilaksanakan pada Rabu, 17 Maret 2021.

Webinar itu diadalahan oleh PT Deltomde, dalam rangka Hari Tidur Sedunia yang jatuh pada 19 Maret 2021 dan mengangkat tema Tidur Teratur, Masa Depan Sehat.

Menurut dokter Andreas, nyatanya banyak orang dewasa saat ini, terutama di masa pandemi yang sulit tidur karena stres, kesibukan yang tinggi, serta pola hidup tidak sehat.

Bahkan, sebuah penelitian menunjukkan bahwa salah satu masalah kesehatan yang banyak dikeluhkan oleh penyintas Covid-19 adalah gangguan tidur.

“Gangguan tidur yang dialami orang dewasa umumnya ditandai dengan rasa mengantuk di siang hari, kesulitan tidur di malam hari, sering terbangun di tengah malam, serta siklus tidur dan bangun tidak teratur."

Baca Juga: Kurang Tidur Dapat Menurunkan Imunitas Tubuh dan Memperpendek Umur

Baca Juga: Trigliserida, Lemak di Dalam Darah Sering Dilupakan Padahal Penyebab Penyakit Jantung

Jika gangguan tidur ini tidak ditangani dengan baik dapat meningkatkan risiko kelelahan mental, tidak fokus, dan munculnya penyakit lain seperti hipertensi dan penyakit jantung.