Find Us On Social Media :

Ragam Pengobatan Penyakit Infeksi yang Disesuaikan dengan Penyebabnya

Pengobatan penyakit infeksi disesuaikan dengan faktor yang menjadi penyebabnya.

GridHEALTH.id – Salah satu jenis penyakit yang paling sering dialami oleh penyakit infeksi.

Umumnya, penyakit infeksi disebabkan oleh virus dan bakteri. Tetapi terdapat dua mikroorganisme lain yang menyebabkan gangguan kesehatan ini, yakni jamur dan parasit.

Melansir Cleveland Clinic, Selasa (22/02/2022), penyakit infeksi memang dapat menyerang siapapun, tapi ini lebih cenderung terjadi pada orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah.

Beberapa penyakit infeksi yang tidak ditangani dapat menyebabkan komplikasi, mulai dari kondisi yang ringan hingga berat.

Dalam beberapa kasus, penyakit infeksi bisa menimbulkan ruam di kulit, muncul suara saat bernapas, atau kelelahan yang ekstrem.

Tapi sebenarnya, penyakit infeksi dapat sembuh jika mendapatkan pengobatan yang tepat.

Nah, berikut adalah beberapa jenis pengobatan yang digunakan untuk menagani penyakit infeksi, dilansir dari Mayo Clinic, Selasa (22/02/2022).

1. Antibiotik

Antibiotik biasanya digunakna untuk mengobati penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri, seperti Streptococcus atau E. coli.

Baca Juga: 4 Penyakit infeksi Kelamin yang Paling Sering Terjadi dan Gejalanya

Jenis bakteri tertentu sangat rentan terhadap jenis antibiotik tertentu. Penggunaan obat ini dilakukan jika dokter sudah mengindentifikasi jenis bakteri yang menyebabkan penyakit infeksi.

Walaupun bermanfaat, penggunaan antibiotik untuk pengobatan penyakit infeksi yang berlebihan, dapat menyebabkan bakteri resisten. Ini hanya akan membuat penyakit infeksi semakin sulit ditangani.