Find Us On Social Media :

5 Penyakit Infeksi yang Berbahaya Bagi Anak, Orangtua Perlu Waspada

Penyakit infeksi yang mengancam jiwa anak.

GridHEALTH.idPenyakit infeksi memang dapat dialami oleh siapapun, baik orang dewasa maupun anak-anak.

Namun, jika dibandingkan dengan orang dewasa, anak-anak lebih berisiko karena sistem kekebalan tubuhnya yang masih terbentuk.

Melansir Children’s Hospital & Medical Center, Kamis (24/02/2022), terdapat beberapa cara anak-anak tertular penyakit infeksi.

Misalnya, melakukan kontak langsug dengan orang yang sedang sakit, menyentuh barang yang sebelumnya dipegang oleh orang yang sakit, digigit oleh serangga, atau mengonsumsi makanan/minuman yang sudah terkontaminasi.

Beberapa penyakit infeksi yang menyerang anak cukup berbahaya, sehingga orangtua perlu untuk selalu waspada.

1. Pneumonia

Pneumonia adalah penyakit infeksi yang menyerang paru-paru anak. Umumnya dialami oleh anak yang berusia di bawah 5 tahun, dilansir dari Cedars Sinai, Kamis (24/02/2022).

Kondisi ini bisa disebabkan oleh bakteri ataupun virus, yang bisa menyebar melalui kontak langsung dengan orang yang terinfeksi.

Pneumonia pada anak dapat menjadi penyakit infeksi yang mengancam nyawa, karena berisiko menyebabkan kesulitan bernapas yang parah dan bakteri masuk ke dalam darah.

Baca Juga: Jangan Khawatir, Anak Dengan Diabetes Bisa Memiliki Masa Depan Cerah

2. Diare

Diare merupakan penyakit infeksi yang sudah tidak asing lagi. Ini menyebabkan feses berair dan anak-anak butuh lebih sering ke kamar mandi.