Find Us On Social Media :

4 Gejala dan Tanda Tak Biasa Kita Menyandang Diabetes Tipe 2

Kesemutan, salah satu gejala dan tanda tak biasa diabetes.

GridHEALTH.id - Diabetes tipe 2 sulit untuk dideteksi dan seringkali pasien mengetahui bahwa dia telah mengembangkan diabetes jenis ini hanya setelah tes darah menunjukkan tingkat gula darah yang tinggi.

Sementara rasa haus yang konstan dan sering ingin buang air kecil dianggap sebagai tanda paling menonjol yang menunjukkan kita kena diabetes tipe 2, ada beberapa gejala aneh disebut tak biasa lainnya yang mungkin mengindikasikan kita menderita kondisi ini.

Dilansir dari American Diabetes Association, lihatlah gejala dan tanda ini dan mulailah perawatan lebih awal.

1. Gusi yang meradang atau terinfeksi

Jika menderita periodontitis, juga dikenal sebagai penyakit gusi, kita mungkin menderita diabetes tipe 2 karena gusi yang meradang atau terinfeksi dianggap sebagai salah satu tanda awal dari kondisi ini.

Menurut penelitian baru yang dimuat dalam jurnal BMJ Open Diabetes Research & Care, penderita penyakit gusi, terutama yang memiliki kondisi parah memiliki tingkat diabetes yang lebih tinggi.

Baik yang terdiagnosis maupun tidak terdiagnosis dan pradiabetes dibandingkan dengan mereka yang tidak menderita infeksi gusi. .

2. Perubahan warna kulit

Warna gelap di bagian belakang leher mengisyaratkan bahwa kita mungkin kena diabetes tipe 2.

Baca Juga: Angka Prevalensi Diabetes Meningkat, Ini Cara Mencegah Agar Tak Muncul

Baca Juga: Jangan Lengah Kata WHO, Penurunan Saat Ini Dalam Kasus Covid-19 Karena Pengujian Berkurang

Menurut dokter, bercak hitam ini merupakan tanda resistensi insulin yang akhirnya mengakibatkan diabetes tipe 2 yang parah.