Find Us On Social Media :

Artificial Inteligence Radiologi Hingga Solusi Kesehatan Saat Menopause dan Kontrasepsi Modern

Artificial Inteligence di dunia medis.

GridHEALTH.id - di zaman modern serba digital seperti saat ini, kecerdasan buatan alias Artificial Inteligence (AI) telah merambah dunia medis.

Apalagi kita tahu saat ini terjadi peningkatan jumlah populasi lansia serta perubahan gaya hidup memberikan kontribusi terhadap peningkatan kondisi kronis seperti penyakit kardiovaskular dan kanker.

Sehingga kebutuhan akan alat yang memberikan informasi diagnostik yang lebih baik sekaligus membantu menghemat biaya dan waktu semakin meningkat.

Untuk mengatasi tantangan ini dengan teknologi dan produk canggih, radiologi adalah kunci yang memungkinkan untuk transformasi kesehatan, memperluas pengobatan personal, dan meningkatkan hasil pengobatan bagi pasien.

Dalam hal ini AI memiliki potensi besar untuk memajukan radiologi.

Salah satu perusahaan kelas dunia, Bayer, kini sudah melangkah hingga hal ini, yang menggabungkan keahlian jangka panjang di bidang radiologi dengan pemahaman mendalam tentang kebutuhan pasien dan dokter di berbagai penyakit, mulai dari onkologi hingga kardiovaskular, yang menghasilkan kemampuan untuk memberikan pengetahuan dan solusi dari diagnosis hingga perawatan.

Kini sedang dikembangkan platform dimana para tenaga kesehatan profesional dapat mengelola aplikasi pencitraan medis dan alur kerja pencitraan yang diaktifkan AI secara terpusat.

Solusi ini sedang dikembangkan, bertujuan untuk mendukung proses pengambilan keputusan yang kompleks dari tenaga kesehatan profesional, yang merupakan tugas mereka untuk memberikan arahan yang jelas dari diagnosis hingga perawatan pasien. “Salah satu masalah yang paling mendesak dalam bidang pencitraan medis saat ini adalah pertumbuhan eksponensial data pencitraan medis dan kompleksitasnya karena peningkatan pemeriksaan radiologi, serta kurangnya staf medis yang berpengalaman untuk menanganinya,” kata Zuzana Jirakova Trnkova, MD, PhD, Kepala Bagian Medis dan Radiologi Pengembangan Klinis di Bayer, dalam rilisnya yang diterima GridHEALTH.id (25/2/2022).

Baca Juga: Jerawat Adalah Penyakit Infeksi Kulit, Tak Cukup Hanya Ditangani dengan Skin Care yang Dijual Bebas

“AI dapat menjadi alat berharga yang dapat memberikan potensi besar bagi industri perawatan kesehatan dan radiologi, khususnya untuk melengkapi keahlian para ahli radiologi dan dokter. Inilah mengapa Bayer berusaha menjadi inovator digital utama di bidang ini, dengan tujuan akhir meningkatkan hasil bagi pasien dan mendukung para dokter,” jelasnya lebih lanjut.

Kesehatan Wanita Mulai dari Menstruasi Pertama Hingga Menopause

Tak hanya itu, kini tengah diteliti pengobatan baru bagi penyakit ginekologi yang kebutuhan medisnya belum terpenuhi, termasuk mengatasi kebutuhan kesehatan wanita saat menopause.