Find Us On Social Media :

Hati-hati, Pasien Covid-19 Berisiko Terkena 20 Penyakit Jantung Usai Sembuh

Risiko penyakit jantung pada penyitas Covid-19.

GridHEALTH.id - Pasien Covid-19 yang sudah dinyatakan sembuh, memiliki risiko tinggi terkena penyakit jantung.

Tak tanggung-tanggung, para penyintas Covid-19 ini, berisiko mengalami 20 jenis penyakit jantung pasca sembuh dari infeksi.

Hal ini ditemukan dari sebuah penelitian yang dipublikasikan di Nature pada 7 Februari 2022.

Menurut penelitian tersebut, risiko penyakit jantung ini tak hanya terjadi pada pasien Covid-19 bergejala berat saja, tapi juga yang sedang dan ringan.

Beberapa jenis penyakit jantung yang terjadi di antaranya gagal jantung, stroke, irama jantung tidak teratur, dan pembekuan darah.

Selain itu juga ada risiko penyakit pembuluh darah dan gangguan peradangan jantung, seperti perikarditis serta miokarditis.

"Ada 20 gangguan jantung yang terdiagnosis untuk pasien yang menderita long haul Covid-19 ini," kata Evelina Grayver, MD, yang tidak terlibat dalam penelitian kepada Fox News.

Direktur kesehatan jantung wanita di Northwell Health New York ini menambahkan, "Yang paling umum adalah sesak napas dan kelelahan."

Selain itu, para pasien Covid-19 yang sembuh juga  mengalami irama jantung abnormal yang terjadi secara signifikan dan menganggu.

Baca Juga: 3 Merek Tes Antigen Ini Tidak Layak Pakai, FDA Beri Peringatan

Dalam penelitian ini, para ilmuwan melakukan observasi terhadap 11 juta veteran di Amerika Serikat yang datanya diambil dari US Department of Veteran Affairs.

Dari data jutaan orang tersebut, terdapat sekitar 154.000 orang yang pernah terinfeksi Covid-19 periode Maret 2020-Januari 2021.