Find Us On Social Media :

Tingkat Asam Lambung Tinggi Dapat Mencegah Keracunan Makanan, Studi

Asam lambung yang tinggi ternyata bisa mencegah keracunan makanan.

GridHEALTH.id -  Tingkat asam lambung yang tinggi tidak hanya membantu hewan memecah makanan, tetapi juga melindungi mereka dari keracunan makanan, sebuah penelitian mengungkapkan.

"Kami memulai proyek ini karena kami ingin lebih memahami hubungan antara keasaman lambung, pola makan, dan mikroba yang hidup di usus burung dan mamalia", kata penulis koresponden DeAnna Beasley, peneliti pasca-doktoral di North Carolina State University.

Para peneliti ini ingin menyelidiki beberapa konteks untuk melihat peran perut manusia dalam mempengaruhi mikroba usus, dan apa artinya itu bagi kesehatan manusia, kata Beasley dalam jurnal Public Library Of Science (PLOS) One.

Untuk melihat bagaimana perilaku makan terkait dengan keasaman lambung, tim memeriksa semua literatur yang ada tentang keasaman lambung pada burung dan mamalia.

Mereka menemukan bahwa pemulung, atau spesies yang memakan makanan yang berisiko tinggi terkontaminasi mikroba, memiliki lebih banyak asam.

Keasaman ini memungkinkan perut bertindak sebagai filter, secara efektif mengendalikan mikroba mana yang dapat melewati perut ke usus.

"Temuan ini mengkonfirmasi hipotesis kami, tetapi tentunya kami harus mendapatkan konfirmasi itu sebelum melanjutkan," Beasley menjelaskan.

Manusia diklasifikasikan sebagai omnivora yang berdampak perut manusia memiliki tingkat keasaman tinggi yang biasanya dikaitkan dengan apa yang dimakan dan perawatan medis dapat secara signifikan mengubah keasaman dalam perut manusia.

Hal ini menimbulkan pertanyaan penting tentang bagaimana manusia berevolusi, hubungan spesies kita dengan makanan dari waktu ke waktu, dan bagaimana perubahan modern dalam pola makan dan obat-obatan mempengaruhi perut kita, mikroba usus kita dan, pada akhirnya kesehatan kita, Beasley menyimpulkan.

Baca Juga: Sering Minum Obat Maag Bisa Sebabkan Penyakit Berbahaya Lain

Baca Juga: Konsumsi Tinggi Lemak di Usia Tua Dapat Menyebabkan Diabetes Lansia

Penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah munculnya rasa terbakar di dada akibat asam lambung naik ke kerongkongan. Gejala penyakit asam lambung muncul minimal 2 kali dalam seminggu.Asam lambung naik atau penyakit asam lambung bisa dialami oleh orang dewasa maupun anak-anak.