Find Us On Social Media :

Dokter Sarankan Makan Makanan Ini Agar Asam Urat Tinggi Tidak Kambuh

Makanan kaya magnesium baik dikonsumsi untuk menghindari kadar asam urat tinggi.

GridHEALTH.id - Asam urat adalah produk limbah metabolisme umum yang terbentuk selama pemecahan senyawa kimia tertentu yang disebut purin, biasanya ditemukan dalam makanan.

Dalam tubuh yang sehat, asam urat disaring dari darah oleh ginjal dan dikeluarkan melalui urin. Namun, jika ada kelebihan zat ini dalam darah karena diet tinggi purin atau disfungsi ginjal, asam akan mengeras membentuk kristal urat, yang disimpan di persendian.

Ini adalah awal dari asam urat, bentuk arthritis yang melemahkan yang dapat memicu rasa sakit yang menyiksa dan pembengkakan pada persendian yang terkena.

Kondisi ini semakin memburuk jika tidak ditangani dengan benar dan dapat membuat gerakan sekecil apa pun menjadi sangat sulit.

Christopher Benhard MD dari Mount Cedar Hospital di New York, AS merekomendasikan beberapa makanan berikut untuk meringankan gejala asam urat.

- Makanan anti-inflamasi: Makanan anti-inflamasi seperti jahe dan kunyit dapat membantu mengurangi intensitas gejala asam urat.

Tingkatkan asupan makanan tersebut, yang dapat membantu tubuh melawan peradangan akibat asam urat.

- Makanan kaya magnesium: Magnesium telah ditemukan berguna dalam menurunkan kadar asam urat yang meningkat dalam tubuh.

Efek menguntungkan ini disorot oleh sebuah penelitian yang menemukan hubungan antara peningkatan asupan magnesium dan pengurangan hiperurisemia.

Baca Juga: 6 Hal Harus Dilakukan Untuk Mengontrol Kadar Asam Urat dalam Darah

Baca Juga: Mengenal Aneka Faktor Munculnya Diabetes Tipe 2, Paling Sering Karena Kegemukan

Makanan kaya magnesium di antaranya cokelat hitam (dark chocolate), pisang, tahu-tempe, kacang-kacangan, gandum, ikan, alpukat dan sayuran hijau.