Find Us On Social Media :

5 Pertanyaan Awam Terkait Kolesterol, Termasuk Kapan Perlu Tes

Tes kolesterol perlu dilakukan secara berkala untuk mendeteksi sejak awal.

GridHEALTH.id - Banyak penderit kolesterol tinggi awalnya tidak menyadari bahwa dirinya sudah terkena.

Padahal, kolesterol tinggi yang dibiarkan sering dikaitkan dengan risiko penyakit kardiovaskular yang lebih tinggi.Kolesterol tinggi juga bisa dikaitkan dengan diabetes dan tekanan darah tinggi.

Center for Disease Control and Preventions (CDC) yang berpusat di Amerika Serikat, memberikan panduan lewat lima pertanyaan yang sering ditanyakan awam tentang kolesterol;

1. Apa itu kolesterol?

"Tubuh Anda membutuhkannya untuk membangun sel dan membuat vitamin dan hormon lainnya," kata American Heart Association.

"Kolesterol bersirkulasi dalam darah. Ketika jumlah kolesterol dalam darah Anda meningkat, begitu pula risikonya bagi kesehatan Anda.

Kolesterol tinggi berkontribusi pada risiko penyakit kardiovaskular yang lebih tinggi, seperti penyakit jantung dan stroke."

2. Faktor apa yang dapat memengaruhi tingkat kolesterol?

Diet: Makan makanan tinggi lemak jenuh dan trans dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL, menurut National Heart, Lung, and Blood Institute (NHLBI).

Baca Juga: Golongan Obat Statin Paling Banyak Diresepkan Untuk Pasien dengan Kolesterol Tinggi, Simak Cara Kerja dan Efek Sampingnya

Baca Juga: Mengapa Pra-Remaja Penting Mendapatkan Vaksin HPV? Ini Alasannya

Kita harus menghindari 10% atau lebih dari total kalori harian berasal dari lemak jenuh, dan menghindari lemak trans sebanyak mungkin.