Find Us On Social Media :

Orang dengan Sleep Apnea Meningkat Risikonya Terkena Asam Urat

Gangguan tidur atau sleep apnea bisa menyebabkan munculnya asam urat.

GridHEALTH.id - Orang dengan  sleep apnea memiliki peluang lebih tinggi terkena asam urat, sebuah studi baru menunjukkan.

Para peneliti menganalisis data pada hampir 16.000 orang dengan  sleep apnea dan lebih dari 63.000 orang tanpa apnea yang diikuti selama rata-rata hampir enam tahun. (Setengah diikuti lebih lama, setengah untuk waktu yang lebih sedikit.)

Secara keseluruhan, 4,9% pasien sleep apnea dan 2,6% lainnya menderita asam urat. Orang dengan  sleep apnea memiliki risiko asam urat 42% lebih tinggi.

Peningkatan risiko tertinggi satu sampai dua tahun setelah diagnosis sleep apnea, dan lebih besar untuk pasien dengan berat badan normal daripada di antara mereka yang kelebihan berat badan atau obesitas, kata para peneliti.

Tentu saja, penelitian ini tidak dapat membuktikan bahwa apnea menyebabkan asam urat, hanya saja ada hubungan.

Asam urat adalah bentuk radang sendi yang menyakitkan yang disebabkan oleh penumpukan asam urat di dalam tubuh. Ini menyebabkan sendi bengkak, merah, panas dan kaku.

Studi ini diterbitkan 30 Agustus di jurnal Arthritis & Rheumatology.

"Orang dengan  sleep apnea berada pada peningkatan risiko asam urat baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Karena risiko ini paling tinggi pada orang dengan indeks massa tubuh normal, dokter dan profesional kesehatan lainnya harus mempertimbangkan kemungkinan asam urat pada pasien dengan  sleep apnea terlepas. indeks massa tubuh," kata wakil pemimpin studi Edward Roddy.

Baca Juga: Dua Manfaat Sekaligus, Beberapa Obat Diabetes Juga Dapat Menurunkan Risiko Asam Urat, Studi

Baca Juga: Healthy Move, Ini Jenis Olahraga yang Aman Bagi Penderita Migrain

Roddy adalah dosen klinis dalam reumatologi di Universitas Keele di Staffordshire, Inggris.