Find Us On Social Media :

Protokol Kesehatan Baru Sekolah Tatap Muka Rekomendasi IDAI, Mulai dari Persiapan

Protokol kesehatan sekolah tatap muka baru, rekomendasi dari IDAI.

GidHEALTH.id – Seiring diberlakukannya banyak pelongaran saat pandemi Covid-19 ini oleh pemerintah.

Anak-anak pun bersiap untuk masuk kembali ke sekolah, menjalankan sekolah tatap muka seperti sebelum pandemi Covid-19.

Meski demikian pemerintah tetap menekankan pentingnya penerapan protokol Kesehatan dalam setiap aktivitas masyarakat.

Mengenai hal ini dalam siaran pers IDAI yang diterima redaksi, dr Piprim Basarah Yanuarso, SpA(K) – Ketua Umum Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), mengingatkan kita semua untuk bisa mengawasi dengan ketat penerapan protokol Kesehatan pada anak dan mengajarkan anak-anak untuk mengenali tanda dan gejala awal sakit, serta melapor kepada guru apabila diri sendiri atau teman ada tanda gejala sakit.

Selain itu, perilaku disiplin menjalankan protokol kesehatan harus dicontohkan oleh staf pengajar dan perangkat sekolah kepada murid-muridnya.

Varian apa pun yang beredar, protokol kesehatan yang dilakukan adalah sama.

Ketua Satgas Covid IDAI, dr Yogi Prawira, SpA(K) menjelaskan IDAI menganjurkan penggunaan masker dan faceshield pada anak usia 2 (dua) tahun keatas, kecuali terdapat masalah medis yang menghalangi anak-anak tersebut untuk menggunakan masker.

Jenis masker yang digunakan adalah masker kain 3 (tiga) lapis atau masker medis.

Masker akan mencegah penularan kuman dari 1 (satu) individu ke individu lainnya dengan menahan partikel virus supaya tidak menyebar di udara.

Baca Juga: Ruam di Daerah Kewanitaan Saat Menstruasi, Ini 5 Cara Jaga Kebersihannya Selama 7 Hari

Dalam penggunaan masker pada anak harus diperhatikan ukuran dan cara penggunaan yang tepat, sehingga fungsi masker menjadi efektif.

Dr Yogi juga meminta agar para orang-tua mengajarkan anak untuk berganti baju, mandi, dan membersihkan perlengkapannya setiap pulang dari sekolah, sebagaimana orang dewasa yang beraktivitas di luar rumah.