Find Us On Social Media :

Penyebab Sakit di Leher Saat Menelan, Dari Infeksi Sinus Hingga Kanker

Sakit di leher saat menelan bisa diakibatkan berbagai hal.

GridHEALTH.id - Kita dapat merasakan sakit di mana saja di dalam mulut, tenggorokan, di sepanjang kerongkongan (saluran yang mengarah ke perut), atau bahkan di tengah dada.

Berikut adalah beberapa penyebabnya, tetapi kita harus menemui dokter untuk mengetahui secara pasti apa yang terjadi.

1. Infeksi pilek, flu atau sinus

Sakit tenggorokan yang menyebabkan rasa sakit saat menelan sering kali menandakan bahwa kita terkena salah satu penyakit umum ini. Ini bisa dimulai sehari sebelum gejala lain seperti pilek dan batuk.

Jika pilek, kita harus menunggunya dengan menghirup cairan dan banyak istirahat. Jika mungkin flu, yang terasa jauh lebih buruk dan jauh lebih serius daripada pilek, kita perlu menemui dokter.

Dengan infeksi sinus, terus-menerus mencoba membersihkan tenggorokan dari drainase dapat menyebabkan iritasi dan nyeri menelan sampai infeksi hilang.

2. Radang Tenggorokan

Sering hanya disebut strep, infeksi bakteri ini bisa sangat menyakitkan. Tanda-tanda lain dari radang tidak memiliki gejala pilek biasa dan tidak batuk.

Ketika orang dewasa mengalami radang, gejalanya biasanya sakit tenggorokan yang tiba-tiba, mungkin disertai demam, dan pembengkakan kelenjar getah bening di leher.

Baca Juga: Faringitis, Radang Tenggorokan Karena Infeksi Virus dan Bakteri

Baca Juga: Orang dengan Sleep Apnea Meningkat Risikonya Terkena Asam Urat

Anak-anak usia 3 tahun ke atas dapat mengalami demam, mual, dan muntah bersamaan dengan sakit tenggorokan. Anak-anak di bawah 2 tahun biasanya tidak mengalami strep.