Find Us On Social Media :

6 Khasiat Teh Hijau untuk Kecantikan, Salah Satunya Melembabkan Wajah

Minum teh hijau dapat membuat kulit cantik dan sehat.

GridHEALTH.idTeh hijau tidak hanya digunakan sebagai minuman tapi juga sering dijumpai sebagai salah satu bahan produk kecantikan.

Terbuat dari daun segar tanaman Camellia sinensis, teh hijau sudah digunakan sebagai pengobatan di beberapa negara-negara dunia selama ribuan tahun.

Pasalnya, teh hijau memiliki antioksidan dan anti-inflamasi, sehingga hingga saat ini masih banyak ahli kecantikan yang menyarankan penggunaan bahan ini.

“Teh hijau mengandung sekitar 30% antioksidan polifenol menurut beratnya,” kata dokter kulit bersertifikat Cynthia Bailey, MD, pendiri Dr. Bailey Skin Care, dikutip dari Mind Body Green.

Menuurtnya, yang paling menonjol dari kelompok tersebut adalah catechin epigallocatechin gallate (EGCG), yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antiolsidan.

Sifat teraupetik teh hijau juga bermanfaat untuk mempercantik kondisi kulit. Berikut ini manfaat teh hijau dalam mempercantik penampilan dan menjaga kesehatan kulit.

1. Melindungi dari paparan sinar UV

Kandungan polifenol yang ada dalam teh hijau mempunyai efek perlindungan terhadap kulit.

Sebuah penelitian menemukan bahwa mengoleskan polifenol ke kulit, dapat membantu memperbaiki kondisinya dan melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari.

Baca Juga: Kulit Tetap Cantik dan Sehat Setelah Menopause, Begini Cara Merawatnya

2. Cegah penuaan dini

Sebuah studi yang dilakukan 2003 lalu menunjukkan kalau antioksidan EGCG dalam teh hijau, mampu meremajakan sel kulit mati.