Find Us On Social Media :

Akibat Minum Kopi Payudara Perempuan Bisa Berubah, Mengecil!

Payudara mengecil akibat terlalu banyak mengonsumsi kopi.

GridHEALTH.id - Kopi adalah minuman sejuta umat, terlebih di Indonesia.

Bagaimana tidak menjadi minuman sejuta umat, selain enak dan nikmat, kopi pun bisa memberikan banyak manfaat kesehatan.

Ketahuilah, kopi tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi atau menahan kantuk, tapi juga mengurangi risiko penyakit jantung, kata sebuah studi.

Tapi manfaat tersebut hanya bisa didapatkan jika minum kopi hitam tanpa gula, dilansir dari Heart.org, Selasa (01/03/2022).

Dalam studi yang dipubliikasikan di jurnal Circulation: Heart Failure oleh American Heart Association pada 2021, seseorang bisa memperoleh manfaat itu apabila minum secangkir atau lebih kopi dalam satu hari.

Manfaat kopi untuk kesehatan lainnya, mengurangi risiko penyakit Alzheimer, dikutip dari John Hopkins Medicine, Senin (17/01/2022).

Manfaat itu bisa dipatkan jika konsumsi kopi dilakukan sesuai dengan aturannya, yakni tidak lebih dari 200 miligram per hari atau dua cangkir kopi.

Jika konsumsi kopi dilakukan secara berlebihan, maka bukan manfaat yang didapatkan, melainkan dampak buruk.

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan di Taylor & Francis Online, ditemukan bahwa minum kopi terlalu banyak bisa mengurangi volume otak.

Baca Juga: 10 Alasan Mengapa Kulit Gatal Tak Terkendali dan Cara Mengatasinya

Studi yang dilakukan oleh para peneliti dari Australia tersebut menemukan, minum lebih dari enam cangkir kopi sehari, dapat meningkatkan 53 persen risiko demensia dan memperkecil volume otak.

Elina Hypponen, penulis dan direktur Australian Centre for Precision Health di University of South Australia Cancer Research Institute mengatakan, data penelitian menunjukkan bahwa minum kopi terlalu banyak dapat mempengaruhi kesehatan otak.