Find Us On Social Media :

Sakit Saat Menelan Akibat Radang Tenggorokan Tidak Selalu Diobati Antibiotik

Radang tenggorokan bikin sakit saat menelan.

GridHEALTH.id - Faringitis streptokokus, umumnya dikenal sebagai "radang tenggorokan," adalah infeksi bakteri ringan namun menular yang mempengaruhi laring, amandel, dan / atau faring (tenggorokan).

Radang tenggorokan disebabkan oleh grup A Streptococcus, strain bakteri yang juga berhubungan dengan infeksi kulit ringan, selulitis, impetigo, dan masalah serius lainnya.

Penyakit ini muncul secara tiba-tiba, biasanya disertai sakit tenggorokan yang menyebabkan sakit saat menelan,  dan dapat dihilangkan dengan antibiotik yang tepat bersama dengan tindakan perawatan diri lainnya.

Jika tidak diobati, radang tenggorokan dapat menyebar dengan mudah ke orang lain dan juga menyebabkan masalah medis yang parah pada individu yang terinfeksi.

Oleh karena itu, perlu untuk mengambil langkah-langkah untuk menjaga diri dari tertular atau menyebarkan radang tenggorokan.

Bakteri strep dapat menyebar dengan cara berikut:

1. Tetesan udara

Ketika seseorang dengan radang tenggorokan bernapas, bersin, atau batuk, tetesan pernapasan yang mengandung bakteri dilepaskan ke lingkungan sekitar. Menghirup tetesan udara dapat menyebarkan infeksi ke individu yang sehat.

2. Air liur

Baca Juga: Disfagia, Gangguan Sulit Menelan yang Perlu Ditangani Segera

Baca Juga: 10 Penyebab Kulit Kering Jarang Diketahui, Parfum Hingga Obat Jerawat

Berbagi makanan atau minuman dengan individu yang terinfeksi adalah cara lain penularan strep.