Find Us On Social Media :

10 Penyebab Kulit Kering Jarang Diketahui, Parfum Hingga Obat Jerawat

Pemakaian obat jerawat, salah satu penyebab kulit kering jarang diketahui.

GridHEALTH.id - Penyebab umum kulit kering dan gatal mungkin tampak sepele: Kurangnya kelembapan. Tapi dari mana datangnya kekurangan kelembapan itu?

"Kulit kering disebabkan oleh gangguan penghalang kulit dan disfungsi atau kekurangan lemak sehat yang diperlukan di lapisan atas kulit," kata Shari Marchbein, MD, dokter kulit bersertifikat di Downtown Dermatology di New York City.

Biasanya, lapisan atas kulit terdiri dari sel-sel mati dan minyak alami, yang membantu memerangkap kelembapan untuk menjaga kulit tetap lembut dan halus, menurut Rumah Sakit dan Klinik Universitas Iowa.

Tetapi jika tidak ada cukup air di lapisan atas sel ini, yang dapat terjadi jika minyak pelindung berkurang, kulit kering dapat terjadi.

Dalam kebanyakan kasus, mengalami kulit kering, atau serosis, bukanlah masalah besar. Menurut MedlinePlus, ini sangat umum, dapat terjadi pada orang-orang dari segala usia, dan dapat muncul di mana saja di tubuh, dari tangan dan wajah hingga kaki dan perut.

Dr. Marchbein mengatakan bahwa kekeringan dapat membuat kulit menjadi merah, bersisik, atau gatal, yang bisa membuat tidak nyaman, tetapi di luar itu, biasanya tidak banyak yang perlu dikhawatirkan.

Tetapi terkadang kekeringan akan parah dan mungkin mengindikasikan masalah kulit atau kondisi kesehatan yang mendasarinya.

Jika kekeringan sangat parah sehingga mengganggu kemampuan kita untuk bekerja atau tidur, jika kulit menjadi pecah-pecah atau berdarah, atau jika tampaknya tidak merespon pengobatan resep, pastikan untuk mengunjungi dokter spesialis kulit segera.

Sembari melakukan hal itu, kita bisa mencari tahu apa yang menyebabkan kulit kering, dan mungkin akan terkejut dengan apa penyebabnya, yang jarang diketahui orang. Beberapa potensi penyebab kulit kering adalah;

Baca Juga: Kulit Gatal Lebih Terasa di Malam Hari, Ternyata Karena Hal Ini

Baca Juga: Healthy Move, Di Atas 40 Tahun Bergerak Setidaknya 10 Menit Sehari Memberi Peluang Hidup Lebih Lama, Studi

1. Wewangian berpotensi menyebabkan iritasi kulit yang berujung kulit kering