Find Us On Social Media :

Libur Ramadan Penentu Indonesia Masuk Fase Endemi, WaPres RI Ma'ruf Amin Sampaikan Hal Tersebut

Wakil Presiden Ma'ruf Amin sampaikan libur Ramadan 2022 penentu Indonesia masuk fase endemi.

GridHEALTH.id - Kasus Covid-19 di Indonesia terus mengalami penurunan.

Padahal di banyak negara kasus pandemi Covid-19 mengalami peningkatan kegara Omicron siluman, BA.2

China salah satu contohnya di kota Shanghai dengan penduduk lebih dari 26 juta orang, melaporkan 5.298 kasus tanpa gejala baru yang ditularkan secara lokal dan 355 kasus bergejala pada hari Kamis (31/03/2021), dibandingkan dengan 5.656 kasus tanpa gejala lokal dan 326 kasus baru dengan gejala yang dilaporkan sehari sebelumnya.Menurut angka terbaru, Shanghai juga menyumbang hampir 80% dari kasus tanpa gejala lokal yang dilaporkan di seluruh China pada hari Rabu, dan sekitar 20% dari mereka yang memiliki gejala.

Tapi di Indonesia kebalikannya. Malah Indonesia kini akan masuk fase endemi.

Hal ini pun ditegaskan oleh Wapres Ma'Ruf Amin.

Menurut Wapres, saat libur Ramadan 1443 Hijriah di 2022 Masehi akan menjadi salah satu faktor penentu Indonesia untuk memasuki masa endemi COVID-19."Hari Raya ini, Ramadan ini, menentukan apakah nanti akan masuk endemi atau masih kita di dalam pandemi," ujar Wapres di sela kunjungan kerjanya ke Surabaya, Kamis, dilansir dari Antara.com (31/3/202).Mengenai hal tersebut menurut Wapres, saat ini pemerintah berencana mempersilakan masyarakat untuk melakukan mudik pada Ramadan tahun ini.

Baca Juga: Ini Cara Menyiasati Kantuk di Siang Hari Saat Puasa Minggu Pertama

Syaratnya adalah pemudik harus sudah menerima vaksin penguat atau booster.Wapres mengingatkan warga agar tetap menjaga protokol kesehatan selama melakukan mudik tersebut."Walau katanya tidak begitu berbahaya, tapi di daerah itu banyak orang tua, yang lanjut usia. Yang rentan banyak sekali, banyak komorbid, banyak anak-anak," jelasnya.

Karena itu, kata Ma'ruf, kepada pemerintah daerah yang wilayahnya menjadi tujuan pemudik agar bersiap untuk menerima kemungkinan mudik dibuka tahun ini, jika tidak ada lonjakan kasus Covid-19 luar biasa.

Ia berharap, mudik bisa dilakukan oleh masyarakat dan tidak ada lonjakan kasus pasca lebaran nanti. Dengan begitu, Indonesia bisa berharap untuk memasuki masa endemi pasca Ramadan.

"Sehingga kita bisa normal kembali," tutur Ma'ruf.

Prihal Endemi, Menkes Budi Gunadi menegaskan ada tiga indikator yang harus dipenuhi supaya pandemi Covid-19 di Indonesia bisa menjadi endemi.Indikator tersebut merujuk pada panduan yang dirilis oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).Budi mengatakan, tiga indikator itu adalah: