Find Us On Social Media :

Fakta Jarang Diketahui Tentang Kolak dan Sop Buah, Favorit untuk Buka Puasa, Bikin Jerawatan

Menyatap kolak saat buka puasa.

GridHEALTH.id – Setelah hampir seharian berpuasa, orang-orang biasanya akan memilih membatalkan puasa dengan mengonsusmi makanan manis.

Kolak dan sop buah menjadi takjil yang paling sering diburu oleh masyarakat dari berbagai kalangan usia.

Sop buah dipilih karena dapat menghilangkan dahaga, setelah seharian berpuasa dan harus menahan haus.

Sedangkan kolak, disukai oleh banyak orang karena rasanya yang manis dan bisa mengganjal perut yang kosong.

Dilansir dari TribunHealth.com, Selasa (05/04/2022), R. Radyan Yaminar, S.Gz seorang Ahli Gizi mengatakan bahwa tidak ada larangan bagi orang-orang untuk buka puasa dengan kolak ataupun sop buah.

Hal ini karena buah-buahan yang ada dalam semangkuk es buah maupun kolak, dapat memberikan manfaat bagi orang yang berpuasa.

Nah, meskipun tidak dilarang, tapi ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan terlebih dahulu, sebelum menyiapkan kolak dan sop buah untuk buka puasa.

Melansir Kompas.com, (05/04/2022), berikut adalah fakta mengenai kolak dan sop buah yang jadi menu favorit berbuka puasa banyak orang.

1. Kolak

Baca Juga: Pengganti Bahan Santan Untuk Hidangan Buka Puasa dan Lebaran

Kolak mempunyai bahan utama yang terdiri dari santan, gula merah, serta buah-buahan seperti ubi, pisang, ataupun kolang kaling.

Nah, dari 100 gram kolak, tubuh sudah bisa memperoleh asupan kalori sebanyak 163 kalori. Buah-buahan yang ada dalam kolak pun, juga dapat menjadi sumber vitamin B, vitamin C, vitamin A dan zat-zat penting lainnya.