Find Us On Social Media :

Pengganti Bahan Santan Untuk Hidangan Buka Puasa dan Lebaran

Susu almond dapat digunakan sebagai pengganti santan dalam mengolah masakan.

GridHEALTH.id - Tak dapat dipungkiri bahwa santan sudah menjadi salah satu bahan pelengkap masakan yang banyak digunakan masyarakat Indonesia.

Rasanya yang gurih dapat menambah cita rasa masakan jadi lebih enak saat disantap. Tak heran bila makanan bersantan menjadi makanan favorit banyak kalangan.

Tetapi saat ini, dengan alasan kesehatan banyak yang menghindari santan. Sebab memang benar terlalu sering mengonsumsi makanan bersantan dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan tubuh, salah satunya memicu peningkatan kadar kolesterol yang dapat menyebabkan penyakit jantung hingga stroke.

Untuk diketahui, setiap 300 ml santan kaya akan lemak jenuh yang mengandung hampir 90% dari total kebutuhan dalam sehari.

Begitu juga dengan seporsi kelapa kering yang biasa digunakan sebagai bumbu rendang dan serundeng. Bahkan, secangkir kelapa kering memiliki lemak jenuh lebih dari 100% batas atas yang disarankan.

Maka cukup bijak untuk membatasi makan makanan yang diolah dengan santan agar terhindar dari peningkatan kolesterol.

Saat memasak kita bisa mengganti santan dengan beberapa bahan yang dinilai lebih baik untuk kesehatan tubuh. Inilah bahan penggantinya;

1. Kemiri

Bahan pengganti santan untuk hindari kolesterol yang pertama adalah kemiri. Dalam hal ini kemiri dapat memberi konsistensi kental dan gurih pada masakan.

Baca Juga: Ade Rai Ternyata Penggemar Masakan Padang, Tapi Caranya Makan Bisa Bantu Jaga Berat Badan

Baca Juga: Healthy Move, Ingin Turun Berat Badan 3 Kilogram dalam 1 Bulan? Ini Latihan yang Direkomendasikan

Sangrai kemiri dan haluskan untuk dijadikan krim pengganti santan pada makanan.