Find Us On Social Media :

Mau Mudik? Ini Syarat Naik Pesawat, Kereta Api dan Transportasi Lainnya

Ketentuan mudik lebaran tertuang dalam surat edaran Satgas Covid-19.

.(Dok. KAI Daop 1 Jakarta ) Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Pesan Tiket Kereta untuk Mudik Lebaran", Klik untuk baca: https://megapolitan.kompas.com/read/2022/04/01/10023661/cara-pesan-tiket-kereta-untuk-mudik-lebaran. Editor : Rakhmat Nur Hakim Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:Android: https://bit.ly/3g85pkAiOS: https://apple.co/3hXWJ0L

GridHEALTH.id - Bagi mereka yang ingin mudik Lebaran, ada baiknya membaca terlebih dulu syarat naik pesawat, kereta api dan transportasi umum lainnya.

Sebabnya, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 telah menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 16 Tahun 2022 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

SE tersebut ditandatangani Ketua Satgas Suharyanto pada 2 April 2022 dan berlaku mulai 2 April 2022.

Berdasarkan SE tersebut, warga yang akan mudik dengan menggunakan pesawat dan kereta api tidak wajib menunjukkan hasil negatif tes Covid-19 asalkan sudah mendapatkan vaksin booster.

“Surat Edaran ini berlaku efektif mulai tanggal 2 April 2022 sampai waktu yang ditentukan kemudian dan akan dievaluasi lebih lanjut sesuai dengan perkembangan terakhir di lapangan ataupun hasil evaluasi dari kementerian/lembaga,” ujar Suharyanto, tertuang di SE.

Berikut aturan perjalanan dalam negeri berdasarkan SE No.16/2022:

1. Setiap individu yang melaksanakan perjalanan orang wajib menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan 3M, yaitu: memakai masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan, serta mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer.

2. Pengetatan protokol kesehatan perjalanan orang yang perlu dilakukan berupa:

a. Menggunakan masker kain tiga lapis atau masker medis yang menutup hidung, mulut, dan dagu;

Baca Juga: Jadi Syarat Mudik, Pemerintah Bakal Gelar Vaksin Booster Usai Tarawih

Baca Juga: Bintang Film Reality Show Love Island Anna Vakili Hampir Mati Sehabis Operasi Pembesaran Bokong, Darah Berceceran Hingga ke Hotel

b. Mengganti masker secara berkala setiap empat jam, dan membuang limbah masker di tempat yang disediakan;