Find Us On Social Media :

2 Jenis Obat Diare Bisa Dibeli Secara Bebas, Ini Cara Mengonsumsinya

Meski bisa dibeli bebas, perhatikan cara mengonsumsi obat diare.

GridHEALTH.id - Diare terjadi ketika kita sering buang air besar, tetapi konsistensinya cair. Banyak hal yang dapat menyebabkan diare.

Penyebab diare yang diketahui adalah virus, akteri dan parasit, obat-obatan seperti antibiotik, intoleransi laktosa, fruktosa atau pemanis buatan dan gangguan pencernaan seperti penyakit celiac atau sindrom iritasi usus besar.

Diare dalah kondisi umum yang sebagian besar waktu tidak memerlukan perawatan. Biasanya hanya berlangsung beberapa hari, apakah kita mengobatinya atau tidak.

Tetapi obat-obatan dapat membantu kita merasa lebih baik. Ini terutama membantu jika kita juga mengalami kram atau sakit perut.

Jenis obat bebas apa yang mengobati diare? Kita dapat membeli obat bebas (OTC/over the counter) tanpa resep dari dokter.

Beberapa obat bebas dapat membantu kita merasa lebih baik jika  mengalami diare. Ini disebut obat antidiare. Obat antidiare antara lain:

- Loperamide (nama merek contohnya Imodium).

- Bismut subsalisilat (nama merek contohnya Kaopectate, Pepto-Bismol). Bismut subsalisilat juga dapat digunakan untuk sakit perut.Bagaimana cara kerja obat antidiare OTC? Loperamide memperlambat seberapa cepat benda bergerak melalui usus (usus besar).

Baca Juga: Diare Selama Kehamilan Bisa Terjadi dan Normal, Ini Penyebabnya

Baca Juga: Ikuti 5 Cara Alami dan Mudah Ini Untuk Mencegah Payudara Kendur

Ini memungkinkan lebih banyak cairan untuk diserap ke dalam tubuh. Ini membantu kita mengurangi diare dan lebih banyak tinja yang terbentuk.

Bismut subsalisilat menyeimbangkan cara cairan bergerak melalui usus.  Ini mengurangi peradangan. Itu membuat bakteri dan virus yang menyebabkan diare tumbuh di perut dan usus.