Find Us On Social Media :

Diare Selama Kehamilan Bisa Terjadi dan Normal, Ini Penyebabnya

Diare selama kehamilan kebanyakan bersifat normal. Namun jaga jangan sampai dehidrasi.

GridHEALTH.id - Masalah perut dan pencernaan sering terjadi selama kehamilan. Kita mungkin mendengar banyak tentang mual di pagi hari dan sembelit, tetapi lebih sedikit tentang diare selama kehamilan.

Meskipun mungkin tidak mendapat banyak perhatian, diare adalah masalah pencernaan lain yang bisa dihadapi ibu hamil.

Beberapa wanita menganggap diare sebagai tanda awal kehamilan. Memang benar bahwa perubahan hormon sekitar waktu pembuahan dapat menyebabkan masalah perut dan bahkan menyebabkan diare.

Namun, nyeri payudara, kelelahan, dan mual adalah gejala yang jauh lebih umum pada awal kehamilan daripada diare.

Diare saat akhir kehamilan mungkin merupakan tanda bahwa persalinan semakin dekat. Beberapa wanita melaporkan diare, mulas, atau mual dan muntah tepat sebelum mereka melahirkan.

Tentu saja, wanita mengalami diare karena berbagai alasan, dan diare dapat berkembang kapan saja selama kehamilan idak hanya di awal atau di akhir kehamilan.

Diare selama kehamilan dapat disebabkan oleh berbagai kondisi seperti hormon, perubahan pola makan, hingga virus perut. Dilansir Very Well Health, diare selama kehamilan bisa muncul karena;

- Perubahan tubuh: Selama kehamilan,kita akan mengalami perubahan hormon dan tubuh. Inidapat mempengaruhi perut dan saluran pencernaan, yang menyebabkan mual dan muntah, sembelit, atau diare.

- Pola makan: Kehamilan mungkin menginspirasi kita untuk makan lebih sehat. Terkadang perubahan mendadak ke makanan yang lebih bergizi dan kaya serat juga bisa menyebabkan perubahan buang air besar.

Baca Juga: Saat Diare, Tidak Disarankan Untuk Minum Susu Karena Alasan Ini

Baca Juga: Ikuti 5 Cara Alami dan Mudah Ini Untuk Mencegah Payudara Kendur

Beri tubuh sedikit waktu untuk menyesuaikan jika beralih dari burger dan kentang goreng ke buah dan salad sekaligus.