Find Us On Social Media :

Masuki Minggu Kedua Total Lockdown, Warga Shanghai Frustasi Saling Berteriak dari Jendela Apartemen

Penduduk Shanghai berteriak ketika mereka terjebak di apartemen dalam penguncian 'nol covid'

GridHEALTH.id - Ketika Shanghai memasuki minggu kedua penguncian Covid-19 yang ketat, sebuah video telah menjadi viral di media sosial yang menunjukkan penduduk yang stres frustrasi berteriak dari jendela gedung apartemen bertingkat tinggi mereka.

Digambarkan seperti adegan dari film horor dystopian, tampaknya pemerintah menanggapi teriakan jendela dengan mengirimkan drone yang memainkan pesan yang menginstruksikan warga untuk tetap diam dan mematuhi pembatasan.Shanghai saat ini berada di tengah wabah Covid-19 terbesar dalam dua tahun dengan lebih dari 26.000 kasus baru dilaporkan di sana pada hari Minggu.

Kota itu memasuki penguncian total pada 5 April 2022 sebagai bagian dari kebijakan "nol-Covid" China, yang bertujuan untuk sepenuhnya memberantas virus dengan menerapkan penutupan seluruh kota untuk membatasi wabah.

Duapuluh lima juta penduduk kota dilarang meninggalkan rumah mereka selama penguncian, dan semakin sulit untuk membeli makanan.

Sebagian besar penduduk telah memesan makanan melalui aplikasi pengiriman atau melalui jatah yang diberikan pemerintah, tetapi sebenarnya mendapatkan makanan itu terbukti sulit karena permintaan yang tinggi.Pekan lalu, platform e-commerce terbesar di negara itu, Alibaba, mengumumkan bahwa semua pengiriman individu akan ditunda selama tujuh hari.

Warga sudah mulai membeli bahan makanan dalam jumlah besar melalui pesanan kelompok dan berbagi dengan tetangga mereka dengan harga diskon.“Sekarang hanya bisa beli lewat grup, karena [toko individu] tidak bisa kirim lagi,” kata seorang warga kepada Fortune (12/04/2022).

Baca Juga: Kejar Target Capai Herd Immunity, Vaksinasi Covid-19 Juga Digelar di Tempat Wisata  

Baca Juga: World Parkinson Disease, Kondisi Neurologis yang Bisa Menyerang Orang Muda, Kenali Gejalanya

Satu video menjadi viral minggu lalu tentang seorang penduduk yang bangun pada pukul 5:30 pagi untuk mencoba mengamankan pengiriman.Kurangnya makanan bukan satu-satunya hal yang mendorong orang-orang di Shanghai untuk berteriak dari balkon mereka sebagai protes atas penguncian yang berlanjut.

Warga mengatakan kepada Fortune minggu lalu bahwa mereka lebih takut dengan tindakan nol-Covid China daripada virus itu sendiri.Sebuah video viral dari kota itu pekan lalu menunjukkan seorang petugas kesehatan Tiongkok yang mengenakan alat pelindung memukuli seekor anjing peliharaan sampai mati.

Pemilik anjing itu dikarantina di fasilitas isolasi setelah dites positif, dan melepaskan anjing itu setelah tidak dapat menemukan siapa pun untuk merawatnya saat dikarantina, menurut China News Weekly.

Rekaman itu menjadi viral di Weibo, dengan banyak yang mencatat bahwa pembunuhan itu kejam dan tidak perlu.Klip mengerikan menunjukkan pekerja pencegahan Covid mengejar anjing di jalan sebelum memukulnya beberapa kali dengan sekop, membunuhnya.Dan gambar fasilitas Shanghai yang penuh sesak yang digunakan untuk menampung anak-anak yang dites positif COVID menjadi viral di Weibo akhir pekan lalu, menurut Reuters. (12/04/2022)