Find Us On Social Media :

Kejar Target Capai Herd Immunity, Vaksinasi Covid-19 Juga Digelar di Tempat Wisata

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 secara gratis di tempat wisata Pantai Pasir Sari di Pekalongan, Jawa Tengah

GridHEALTH.id - Salah satu upaya Pemerintah RI menanggulangi wabah Covid-19 adalah menggencarkan vaksinasi untuk mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok.

Upaya vaksinasi pun dilakukan di banyak tempat. Sentra-sentra vaksinasi mulai didirikan untuk bisa memfasilitasi masyarakat.

Contohnya belum lama ini dilakukan di Pantai Pasir Sari di Pekalongan, Jawa Tengah sebagai lokasi vaksinasi booster, dimaksudkan untuk memberikan pelayanan kepada para karyawan yang sedang bertugas di obyek wisata dan masyarakat yang sedang berkunjung (Kompas TV, 11 April 2022).

Vaksinasi booster diberikan mendukung masyarakat yang akan mudik agar sudah tervaksin dosis ketiga.Kegiatan vaksinasi mendukung percepatan di bulan puasa dan upaya mencegah penyebaran Covid-19 khususnya di lokasi obyek wisata.

Rata-rata dalam perharinya, petugas vaksinasi dari Kodim Pekalongan  dapat menyuntikkan 100 sampai 200 dosis vaksin. Dalam serbuan vaksinasi yang dilakukan Kodim ini, petugas juga melayani vaksinasi Covid-19 dosis satu dan dua. Apabila animo masyarakat tinggi petugas juga melakukan vaksinasi di lokasi wisata hingga malam hari.

Untuk merangsang animo masyarakat, pemerintah juga gencar memberikan edukasi dengan memberikan empat manfaat dari vaksinasi Covid-19 melalui situs – situs resmi pemerintah. Berikut diantaranya :

1. Merangsang sistem kekebalan tubuh

Baca Juga: WHO Memperingatkan Munculnya Strain XE Mutan Covid Baru, Hibrida Dua Subvarian Omicron

Baca Juga: Dijemur atau Direbus? Cara Menggunakan Kembali Masker Wajah FFP2 dan N95 dengan Aman

Vaksin yang terdiri dari berbagai produk biologi dan bagian dari virus yang sudah dilemahkan yang disuntikkan ke dalam manusia, akan merangsang timbulnya imun atau daya tahan tubuh seseorang.

2. Mengurangi risiko penularan

Tubuh seseorang yang telah disuntikkan vaksin, akan merangsang antibodi untuk belajar dan mengenali virus yang telah dilemahkan tersebut. Dengan demikian, tubuh akan mengenai virus dan mengurang risiko terpapar.