Find Us On Social Media :

Penyebab Asam Lambung Naik Saat Puasa dan Cara Mencegahnya

Asam lambung naik saat puasa.

GridHEALTH.id - Tak sedikit umat muslim yang mengalami masalah asam lambung naik saat menjalankan ibadah puasa.

Kondisi ini tentu sangat tidak nyaman dan mengganggu.

Diketahui penyebab asam lambung naik saat puasa adalah adanya perubahan keseimbangan kadar asam di perut selama puasa.

Hal itu seperti dijelaskan oleh Ahli gastroenterologi berbasis di California AS, Peyton Berookim, MD, pada laman Live Strong (11/2/2020).

Menurut Berookim, dalam kondisi perut kosong dan tidak ada asupan yang dicerna seperti saat puasa, asam lambung bisa naik.

"Makanan saat dicerna dalam perut dapat menyerap asam. Saat tidak ada yang dicerna, asam lambung bisa menumpuk. Kondisi ini bisa memicu sakit perut, atau asam lambung naik kembali ke kerongkongan," terangnya.

Tak hanya saat puasa, orang juga bisa merasakan gejala asam lambung naik setelah bangun tidur dalam kondisi perut kosong.

Jika kita kerap merasakan asam lambung naik saat puasa, coba untuk memodifikasi cara makan, minum, tidur, dan menjaga berat badan tetap ideal.

Tipas Cegah Asam Lambung Naik Saat Puasa

Baca Juga: 5 Menu Sahur Bagi Penderita Asam Lambung Tinggi, Puasa Menjadi Nyaman

Berikut tips aman puasa untuk mencegah asam lambung naik dari dokter spesialis penyakit dalam (gastroenterologi) dari RSCM-FKUI Prof.Dr.dr. Ari Fahrial Syam:

Dilansir dari laman fk.ui.ac.id (20/4/2021), ketika akan berpuasa, Ari mengimbau untuk menghindari konsumsi makanan yang terasa asam, pedas, berlemak tinggi terutama pada saat sahur.