Find Us On Social Media :

5 Jenis Penyakit Kronis dan Gejalanya, Bisa Diderita Sepanjang Usia

Macam-macam penyakit kronis dan perawatannya.

GridHEALTH.idPenyakit kronis adalah kondisi yang bertahan selama 3 bulan atau lebih dan seiring berjalannya waktu, kondisinya bisa jadi lebih memburuk.

Penyakit kronis cenderung terjadi pada orang dewasa atau lansia, yang dapat dikendalikan, tapi tidak bisa disembuhkan.

Melansir CDC, gaya hidup kurang sehat seperti merokok, menghirup asap rokok, kekurangan nutrisi.

Orang-orang yang tidak suka melakukan aktivitas fisik dan mengonsumsi alkohol berlebih, juga memiliki risiko penyakit kronis yang tinggi.

Berikut adalah beberapa jenis penyakit kronis, beserta gejala dan perawatan yang dibutuhkan, yang banyak diderita oleh orang Indonesia.

1. Diabetes

Dilansir dari niddk.nih.gov, diabetes adalah penyakit kronis yang ditandai dengan kadar gula darah yang tinggi. Jenis kondisi ini yang paling umum yakni diabetes tipe 1, diabetes tipe 2, dan diabetes gestasional.

Gejala yang dirasakan oleh penyandang diabetes di antaranya haus berlebih, sering bolak balik ke kamar mandi, perut terasa lapar, kelelahan, pandangan kabur, kesemutan di tangan atau kaki, luka yang tidak kunjung sembuh, dan penurunan berat badan secara tiba-tiba.

Perawatan diabetes di antaranya mengonsumsi obat-obatan secara rutin, selalu cek gula darah, mengonsumsi makanan sesuai menu plan, dan memeriksakan diri ke dokter.

Baca Juga: Tetap Fit Puasa di 10 Hari Terakhir Ramadan Bagi Penyintas Penyakit Kronis

2. Kanker

Kanker merupakan penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel tubuh yang tidak terkontrol dan menyebar ke area tubuh lain. Gejala kanker berbeda-beda, tergantung pada jenis dan bagian tubuh mana yang terdampak.