Find Us On Social Media :

Anak Panas Tinggi Lalu Muncul Bercak di Tangan dan Kaki juga Mulut, Infeksi HFMD

Setelah panas tinggi muncul bercak merah seperti di tangan kaki. Infeksi flu singapura (HFMD).

GridHEALTH.id - Panas tinggi umum dialami anak, tapi setelah panas tinggi lalu muncul bercak merah dan atau bintit di tangan, kaki, dan mulut, itu kemungkinan tanda terinfeksi Hand, foot, and mouth disease (HFMD).

Infeksi HFMD atau penyakit tangan kaki mulut adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dari genus Enterovirus.

Spesies enterovirus yang paling sering menyebabkan HFMD adalah Coxsackievirus dan Human Enterovirus 71 (HEV 71).Saat menyerang, HFMD umumnya diawali dengan demam, nyeri tenggorokan/menelan, nafsu makan yang menurun, dan nyeri/tidak enak badan.

Setelah demam satu sampai dua hari, timbul bintik-bintik merah di rongga mulut (umumnya berawal di bagian belakang langit-langit mulut) yang kemudian pecah menjadi sariawan.

1-2 hari kemudian timbul juga ruam-ruam kulit dan bintik-bintik merah di telapak tangan dan kaki.

Tapi pada beberapa kasus ruam pun bisa muncul timbul di tungkai, lengan, bokong dan kulit sekitar kemaluan.

Selain anak, orang dewasa pun bisa mengalami infeksi HFMD ini.

Hanya saja pada orang dewasa dengan sistem kekebalan tubuh baik, saat terinfeksi virus HFMD, bisa tidak menunjukkan gejala sama sekali (asimtomatik).

Baca Juga: Kematian RA Kartini Masih Misteri, Hingga Kuat Dugaan Alami Preeklamsia

Mereka inilah kelompok potensial sebagai pembawa (carrier) virus HFMD dan menyebarkan virus ini.Gejalanya Ringan Tapi ...Meskipun umumnya menunjukkan gejala yang ringan, namun pada beberapa kasus HFMD dapat menyebabkan komplikasi yang berat.

Lesi di daerah mulut, melansir artikel yang ditulis Dr. Esther Iriani Hutapea, Sp.A di laman idai.or.id (11/07/2016), dapat menyebabkan kesulitan minum dan makan sehingga anak mengalami dehidrasi.

Beberapa laporan menyebutkan kasus HFMD berat seperti meningitis (radang selaput otak) dan ensefalitis yang mengakibatkan pasien harus dirawat intensif atau bahkan mengakibatkan kematian.