Find Us On Social Media :

Tips Menjaga Stamina Saat Mudik Agar Tetap Fit Selama Perjalanan

Jaga stamina sebelum mudik lebaran agar tidak ada hambatan di jalan.

GridHEALTH.id - Seperti perjalanan jauh pada umumnya, mudik lebaran membutuhkan lebih banyak energi tubuh dibandingkan aktivitas harian lain.

Selama perjalanan mudik kita akan menempuh waktu yang cukup panjang sehingga menguras tenaga. Apalagi ada yang mudik di siang hari, yang berarti masih berpuasa.

Agar tubuh tetap bertenaga dan fit maka sebaiknya jagalah kesehatan sebelum mudik dengan beristirahat yang cukup serta konsumsi makanan yang bergizi dan sehat. Selain istirahat dan menjaga pola makan, agar mudik menjelang lebaran semakin lancar dan aman sebetulnya ada beberapa tips mudik sehat yang perlu diperhatikan sebagai berikut seperti disampaikan ahli gizi dr. Diana F. Suganda, M.Kes, SpGK dalam virtual media briefing peluncuran produk MilkLife #MenebarKebaikan di Jakarta (29/03/2022).

1. Pastikan cukup istirahat sebelum keberangkatan Sehari sebelum melakukan perjalanan, pastikan kita dan keluarga yang akan mudik cukup tidur sehingga jika harus mengendarai kendaraan pribadi, semua dalam kondisi fit dan segar.

Jika ingin menggunakan transportasi umum, seperti pesawat, bis, atau kereta api, cobalah untuk menghindari moda transportasi yang terlalu ramai atau sesak agar mudik terasa lebih nyaman, serta mengurangi risiko tertular penyakit selama perjalanan. Pastikan kitasudah mempelajari dulu rute perjalanan mudik ini.

2. Siapkan perbekalan padat gizi dalam perjalanan

Jika mudik masih dalam suasana puasa, pastikan untuk makan sahur dengan gizi seimbang. Konsumsilah karbohidrat kompleks seperti nasi, kentang atau roti gandum sebagai sumber energi.

Baca Juga: Konsumsi Susu Kurma di Saat Sahur Hari Pertama Bisa Menjadi Penambah Nutrisi

Baca Juga: Healthy Move, Jenis dan Waktu Terbaik Melakukan Olahraga di Bulan Puasa

Dilengkapi dengan protein hewani seperti ayam, daging, ikan dan telur, juga dengan protein nabati seperti tahu dan tempe.

Lengkapi menu sahur  dengan sayuran serta buah-buahan yang mengandung Vitamin C serta zinc dan kalsium.

Hindari makanan yang terlalu berlemak, gorengan, santan dan pedas saat sahur, karena makanan ini bisa menimbulkan kembung, rasa begah, hingga nyeri ulu hati saat seharian berpuasa. Pastikan konsumsi air putih tetap terpenuhi saat sahur. Rasa haus dan lapar sering menyebabkan rasa kantuk dan mengganggu suasana hati, yang bisa berdampak negatif saat berkendara.