Find Us On Social Media :

Maksimalkan Nutrisi di Minggu Terakhir Puasa Dengan Susu Kurma

Minum susu kurma menambah nutrisi di minggu terakhir puasa.

 GridHEALTH.id -  Dalam memasuki minggu terakhir puasa, memilih asupan nutrisi yang tepat sangatlah penting bagi tubuh.

Terutama di masa pandemi covid-19 seperti saat ini, dibutuhkan imunitas tubuh yang baik agar tubuh terhindar dari berbagai risiko penyakit.

Salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang sehat, cukup kalori, serta zat gizi yang lengkap dan seimbang yang diperlukan oleh tubuh.

Makanan dengan gizi seimbang adalah makanan yang mengandung berbagai zat gizi, di antaranya karbohidrat, protein, lemak yang sesuai, serta berbagai vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh.

Puasa sendiri memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, mulai dari mengontrol kadar gula darah dan kolesterol, menjaga daya tahan tubuh tetap baik, hingga membantu menurunkan berat badan.

Sederet manfaat puasa tersebut akan terwujud asalkan bijak dalam memilih makanan, baik pada saat sahur maupun berbuka puasa. Pada saat puasa, tubuh kita tidak diisi oleh nutrisi selama 14 jam.

Maka itu pada saat sahur dan berbuka puasa sangat penting untuk mengatur porsi makan yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, sehingga dapat tetap memenuhi semua kebutuhan zat gizi yang diperlukan oleh tubuh.

Pembagian porsi makan yang ideal selama puasa yaitu 40% pada saat sahur, 50% pada saat berbuka puasa, dan 10% pada saat sesudah tarawih.

Menurut pedoman gizi seimbang yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan, cara mudah untuk mengatur porsi makan adalah dengan menggunakan panduan piring makanku untuk perkali makan.

Baca Juga: Konsumsi Susu Kurma di Saat Sahur Hari Pertama Bisa Menjadi Penambah Nutrisi

Baca Juga: Breast Pump, Membantu Ibu Menyusui yang Berpuasa Bisa Tetap Memberikan ASI

Pada piring makanku, kita dapat membagi piring menjadi dua bagian. Setengah bagian piring dapat diisi dengan karbohidrat (2/3 bagian) dan protein (1/3 bagian). Setengah sisa bagian dari piring diisi dengan sayur (2/3 bagian) dan buah (1/3 bagian).