Find Us On Social Media :

Menghindari Sembelit Saat Lebaran, Ini yang Harus Dilakukan

Makanan lebaran, kebanyakan lemak dan karbohidrat yang bisa bikin sembelit.

GridHEALTH.id - Perubahan kebiasaan makan dan kekurangan cairan di bulan puasa menyebabkan sembelit bagi sebagian orang yang berlanjut di hari Lebaran.

Ketika kita bisa makan dan minum, mengonsumsi banyak makanan berserat tinggi, seperti gandum utuh, sereal berserat tinggi, dedak, buah dan sayuran, kacang-kacangan, lentil, buah kering dan kacang-kacangan bersama banyak cairan dapat membantu meringankan sembelit serta melakukan beberapa aktivitas fisik ringan, seperti jalan-jalan setelah buka puasa.

Nah, di saat lebaran, waktunya berkumpul bersama keluarga sambil makan-makan besar. Berbagai makanan lezat seperti opor, rendang, hingga sambal goreng tersedia di meja makan.

Tetapi semua makanan itu hanya mengandung karbohidrat, protein dan lemak. Karena itu kita perlu hati-hati terhadap bahaya  sembelit yang bisa mengancam, jika kita tidak mengimbanginya dengan asupan serat yang cukup, seperti sayur dan buah.Sembelit merupakan salah satu gangguan pencernaan berupa pengerasan feses sehingga sulit dikeluarkan.

Baca Juga: Aneka Penyebab Perut Kencang, Dari Sembelit Hingga Perasaan Stres

Baca Juga: Healthy Move, Latihan Aman untuk Kehamilan Trimester Ketiga

Beberapa gejala yang muncul di antaranya perut terasa kembung, begah, serta kehilangan nafsu makan. Dapat juga disertai rasa melilit dalam perut tapi feses tidak kunjung keluar. Bahkan pendarahan bisa terjadi jika kita memaksakan buang air besar.Konsumsi serat adalah salah satu cara menjaga kesehatan pencernaan. Serat tidak mudah dicerna sehingga dapat meningkatkan gerak peristaltik pada usus.

Di dalam usus besar, terjadi pengaturan air terhadap ampas makanan. Jika ampas makanan terlalu lama, cairan akan terserap habis sehingga ampas mengeras dan menyebabkan  sembelit. Di sinilah serat berperan positif “menyeret” ampas keluar dari usus.Maka itu, tidak dilarang memakan makanan khas hari lebaran yang telah disebutkan di awal, tetapi jangan lupa makan juga sayur dan buah agar kita tidak  sembelit. (*)

Baca Juga: The Dark Triad: 3 Tipe Kepribadian Gelap Kata Psikolog, Hindari Jadi Teman Apalagi Jadi Pasangan

Baca Juga: Menukar Gula dengan Kurma, Cara yang Lebih Sehat Memberi Pemanis Pada Makanan dan Minuman