Find Us On Social Media :

Healthy Move, Latihan Aman untuk Kehamilan Trimester Ketiga

Yoga aman dilakukan ibu hamil di trimester ketiga kehamilan.

GridHEALTH.id - Selama trimester ketiga dan terakhir dari kehamilan, olahraga teratur bisa aman dan membantu meringankan beberapa ketidaknyamanan kehamilan, bahkan persalinan kelak.

Dokter atau bidan akan melihat apakah kita layak terus berolahraga dan membatu memilih olahraga yang terbaik bagi ibu dan bayinya.

Dikutip dari American Pregnancy Association, berikut adalah beberapa pilihan bagus untuk minggu ke 28 hingga 42 kehamilan atau trimester ketiga;

1. Yoga dan Pilates. Latihan lembut ini memberi sedikit tekanan pada tubuh tetapi tetap memperkuat inti dan dasar panggul.

Latihan ini akan membantu ibu hamil pada keseimbangan, kenyamanan, dan tenaga dan proses persalinan.

Yoga juga dapat membantu kita tidur lebih baik dan menurunkan stres dan kecemasan, dan dengan gejala yang berhubungan dengan kehamilan seperti sakit punggung, sakit kepala, sesak napas, dan mual.

Disarankan bergabung dengan yoga dan pilates ibu hamil di kelas agar mendapat pantauan dari pelatih. Atur kecepatan, minum air yang cukup, dan istirahat jika perlu.

Tanyakan kepada dokter apakah aman bagi  untuk melakukan yoga atau Pilates di rumah, terutama jika pernah melakukannya sebelumnya.

2. Berjalan. Berjalan kaki ringan bisa menjadi olahraga yang bagus, terlebih lagi jika kita baru berolahraga secara teratur.

Baca Juga: Membuat Hamil Trimester Tiga Jadi Nyaman, ini 5 Trik Cegah Kram Kaki

Baca Juga: Sudah Boleh Bersilaturahmi di Hari Raya, Hati-hati dengan Bau Mulut

Berjalan adalah aktivitas kardio yang mudah dan cepat yang tidak akan terlalu membebani persendian.