Find Us On Social Media :

Hepatitis Misterius Akut Pada Anak-anak, Benarkah Gegara Adenovirus?

Adenovirus diduga menjadi penyebab terjadinya kasus hepatitis misterius di beberapa negara dunia.

GridHEALTH.id – Kasus hepatitis misterius akut yang terjadi kepada anak-anak belakangan ini menjadi perhatian publik.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan setidaknya ada dugaan sekitar 228 kasus hepatitis akut pada anak-anak.

Dilansir dari Euro Weekly News, lebih dari 20 negara telah melaporkan adanya kasus hepatitis misterius akut ini dalam kurun waktu 10 hari.

Juru bicara WHO Tarik Jasarevic mengatakan, rata-rata kasus hepatitis dilaporkan terdeteksi di Eropa, tapi ada juga di Amerika, Asia Pasifik, dan Asia Selatan.

Anak-anak yang terkonfirmasi mengalami hepatitis dapat pulih sepenuhnya, tetapi beberapa yang lain dilaporkan mengalami kondisi yang parah.

WHO menyebutkan, sekitar 10 persen dari kasus hepatitis misterius akut ini, anak-anak membutuhkan transplantasi hati.

Meskipun penyebab pastinya belum diketahui, tapi para ilmuwan menduga kalau merebaknya kasus hepatitis misterius ini disebabkan oleh adenovirus.

“Ini masih awal. Sulit untuk memprediksi apakah ini akan menjadi semakin umum atau jika, pada kenyataannya, itu hanya akan menjadi kesalahan dalam kisah penyakit menular 2022 kami,” kata Dr Richard Malley, spesialis penyakit menular di Boston Children’s Hospital, dikutip dari New York Times, Rabu (04/05/2022).

Lantas, apa itu adenovirus?

Baca Juga: Cara Efektif Cegah Infeksi Hepatitis Akut pada Anak, Ini Imbauan IDI dan IDAI

Adenovirus merupakan virus yang umum menyebabkan beberapa penyakit. Namun, ini biasanya tidak terkait dengan hepatitis pada anak-anak yang sehat.

Kelompok virus ini diketahui lebih umum menimbulkan gejala infeksi yang mirip dengan flu. Namun sementara ini, adenovirus diduga kuat menjadi pemicu hepatitis misterius akut yang dialami oleh beberapa anak di dunia.