Find Us On Social Media :

Cara Efektif Cegah Infeksi Hepatitis Akut pada Anak, Ini Imbauan IDI dan IDAI

Fakta hepatitis akus misterius pada anak.

 

GridHEALTH.id - Infeksi hepatitis akut misterius pada anak kini sedang menjadi momok di dunia, termasuk di Indonesia.

Adapun yang dimaksud dengan misterius di sini adalah karena penyebabnya belum diketahui.

Karenanya, penyakit infeksi hepatitis akut ini yang telah ditetapkan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) oleh WHO harus menjadi perhatikan kita bersama.

Karenanya IDI dan IDAI menghimbau semua masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dini Hepatitis Akut yang Belum Diketahui Penyebab / Etiologinya ini.

Mengenai hal ini, menindaklanjuti Surat Edaran dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) serta edaran Kementerian Kesehatan melalui Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dengan nomor surat HK.02.02/C/2515/2022 Tentang Kewaspadaan terhadap Penemuan Kasus Hepatitis Akut yang Tidak Diketahui Etiologinya (Acute Hepatitis Of Unknown Aetiology) pada tanggal 27 April 2022.

Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) bersama dengan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), dalam rilis yang diterima Redaksi GridHEALTH.id (3/05/2022), mengimbau kepada seluruh tenaga Kesehatan terkait dan lapisan masyarakat terutama para orangtua dan anak agar tetap ketat melakukan protokol Kesehatan apalagi dimasa mudik lebaran ini.Hepatitis Akus Misterus KLBSejak secara resmi dipublikasikan sebagai KLB oleh WHO, jumlah laporan kasus ini terus bertambah, dimana tercatat lebih dari 170 kasus dilaporkan oleh lebih dari 12 negara.

Ketua Umum PB IDI, dr Moh. Adib Khumaidi, SpOT meminta agar seluruh Organisasi Profesi Medis dibawah IDI, seluruh dokter dan tenaga Kesehatan yang bertugas di berbagai jenis fasilitas Kesehatan tingkat pertama yakni Puskesmas, Posyandu, Klinik praktek mandiri, serta dokter praktek perorangan juga mewaspadai setiap gejala Hepatitis pada anak dan dewasa.

Baca Juga: Healthy Move, 5 Cara Menemukan Waktu Berolahraga Seluruh Keluarga

Hepatitis Akut yang masih belum diketahui penyebabnya ini (misterius) memiliki gejala antara lain:

* Perubahan warna urin (gelap) dan/atau  feses (pucat),

* Kuning, Gatal,

* Nyeri sendi atau pegal-pegal,