Find Us On Social Media :

Waspadai Hepatitis Akut, Apa yang Membuat Anak Rentan Terkena?

Alasan anak-anak rentan terkena hepatitis akut.

GridHEALTH.id – Organisasi Kesehatan Dunia melaporkan setidaknya sudah ada sekitar 228 kasus hepatitis misterius akut yang menyerang anak-anak.

Kondisi ini pertama kali terdeteksi di Inggris pada awal April lalu, yang kemudian menyebar ke beberapa negara lain dunia, termasuk Indonesia.

Dilansir dari laman WHO.int, kasus hepatitis akut ini terjadi pada anak-anak usia 1 bulan hingga 16 tahun.

Sekitar 17 anak atau sebanyak 10% dari kasus hepatitis misterius ini, membutuhkan transplantasi hati.

Di Indonesia sendiri, kasus hepatitis akut ini sedang menjadi sorotan setelah tiga orang anak diduga meninggal dunia akibat penyakit tersebut.

Ketiga anak tersebut sebelumnya sempat mendapatkan perawatan di RSUPN Dr. Ciptomangunkusumo.

Peristiwa tiga orang anak yang meninggal dunia ini, terjadi dalam rentang waktu dua minggu dan yang terakhir pada 30 April 2022.

Hingga saat ini, penyebab pasti dari kasus hepatitis misterius akut pada anak-anak di berbagai negara dunia, belum diketahui.

Ada ilmuwan yang beranggapan bahwa situasi ini disebabkan oleh adenovirus. Namun, sampai saat ini masih dicaritahu penyebabnya.

Baca Juga: Hepatitis Akut Misterius Serang Anak Usia 1 Bulan - 16 Tahun, WHO Sudah Peringatkan Dunia Sejak 15 April 2022

Lantas, apa yang menyebabkan anak-anak rentan terinfeksi hepatitis akut?

Pakar epidemiologi Griffith University Dicky Budiman menjelaskan kemungkinan mengapa anak-anak yang paling rentan terinfeksi hepatitis akut.

Salah satu alasannya adalah anak-anak telat dalam mendapatkan vaksinasi Covid-19. Vaksin untuk anak tersedia baru-baru ini dan hanya bisa didapatkan oleh mereka yang berusia di atas 6 tahun.