Find Us On Social Media :

Solusi Sebelum ke Dokter Untuk Mengatasi Karang Gigi, 4 Cara Ini Bisa Dicoba

Menghilangkan karang gigi secara alami.

GridHEALTH.id – Menjaga kesehatan gigi dan mulut merupakan hal yang penting dilakukan, tapi cukup banyak orang yang lupa untuk melakukannya.

Selain gigi berlubang, salah satu permasalahan akibat tidak menjaga kebersihan gigi dan mulut adalah terbentuknya karang gigi.

Dilansir dari dentalcare.co.uk, karang gigi merupakan kerak yang bsia menjebak noda pada gigi dan menyebabkan terjadinya perubahan warna.

Karang gigi terbentuk dari plak yang tidak dihilangkan secara rutin dan sepenuhnya. Sehingga mineral yang ada di air liur bergabung dengan plak dan terbentuklah kristal yang mengeras menjadi karang gigi.

Karang gigi yang dibiarkan begitu saja akan menyebabkan seseorang bau mulut, karena bakteri yang menumpuk.

Selain itu, karang gigi juga dapat merusak enamel, bagian terluar gigi yang pada akhirnya menyebabkan gigi sensitif, gigi berlubang, penyakit gusi, gusi berdarah, hingga gigi copot.

Karang gigi dapat dihilangkan dengan cara rutin berkunjung ke dokter gigi setiap enam bulan sekali untuk dilakukan scaling.

Namun, ada beberapa cara yang juga bisa dilakukan di rumah sebagai langkah pencegahan terbentuknya karang gigi, seperti berikut ini.

1. Rajin sikat gigi

Baca Juga: 4 Penyebab Gigi Copot Tiba-tiba, Bisa Jadi Tanda Osteoporosis

Dilansir dari WebMD, cara alami menghilangkan karang gigi adalah dengan sikat gigi secara teratur, sebanyak dua kali sehari dengan waktu 2 menit.

Sikat gigi yang hanya dilakukan selama 30 detik tidak dapat menghilangkan plak atau mencegah karang gigi. Gunakan sikat dengan bulu yang lembut dan kecil, sehingga bisa masuk ke dalam mulut.