Find Us On Social Media :

Orangtua Harus Tahu, Begini Cara Penularan Hepatitis Pada Anak

Penularan hepatitis pada anak.

GridHEALTH.idHepatitis akut menjadi timbulkan ancaman baru, setelah menyerang anak-anak di berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia.

Hepatitis merupakan peradangan hati yang bisa disebabkan oleh virus ataupun hal lainnya, seperti pengaruh gaya hidup dan penggunaan obat tertentu.

Dilansir dari NHS.uk, terdapat beberapa jenis hepatitis. Beberapa di antaranya dapat sembuh tanpa menimbulkan masalah apapun.

Namun, jenis hepatitis yang lainnya bisa bertahan lama dan menyebabkan jaringan parut pada hati (sirosis), hilangnya fungsi hati, dan dalam beberapa kasus mengakibatkan kanker hati.

Tak hanya orang dewasa, hepatitis juga dapat menyerang anak-anak.

Penularan hepatitis pada anak

Terlepas dari hepatitis akut, orangtua perlu memahami bagaimana penularan setiap jenis hepatitis pada anak-anak seperti berikut.

1. Hepatitis A

Hepatitis A disebabkan oleh virus dengan nama yang sama. Anak bisa terjangkit virus tersebut, dari makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi oleh kotoran dari orang yang terinfeksi.

Baca Juga: Vaksinasi Covid-19 Dikaitkan dengan KLB Hepatitis Akut Misterius, Prof Zubairi Djoerban Angkat Bicara

Jenis hepatitis A paling sering ditemukan di negara-negara yang mempunyai sanitasi buruk.

Anak yang mengonsumsi makanan yang dibuat oleh penderita hepatitis A, juga berisiko tertular. Apalagi jika orang tersebut tidak mencuci tangan terlebih dahulu.