Find Us On Social Media :

Cara Menggunakan Jahe Untuk Mengontrol Kadar Gula Darah, Bantu Penyandang Diabetes

Jahe memiliki khasiat untuk mengontrol kadar gula darah.

GridHEALTH.id - Banyak jurnal kesehatan mengungkapkan, jahe ternyata cukup ampuh untuk mengontrol kadar gula darah.

Hal ini tentu menjadi kabar baik bagi penyandang diabetes yang memang sering kesulitan dalam melakukannya.

Diketahui penting bagi penyandang diabetes untuk mengontrol kadar gula darah mereka.

Sebab jika kadar gula darah tinggi melebihi batas normal, penyandang diabetes berisiko terkena komplikasi yang bisa berakibat fatal hingga berujung kematian.

Dikutip dari Mayo Clinic (30/10/2020), ada tiga komplikasi diabetes yang paling banyak terjadi dan sering membuat pasien meninggal dunia di antaranya penyakit jantung, stroke, penyakit liver, dan penyakit ginjal.

Sementara itu dilansir dari NDTV (19/01/2021), pankreas penyandang diabetes umumnya tidak mampu memproduksi insulin, hormon yang mengatur gula darah.

Di sisi lain, kandungan dalam jahe dipercaya efektif merangsang produksi insulin sehingga bisa membantu penyandang diabetes.

Berdasarkan data Departemen Pertanian Amerika Serikat, dalam 100 gram jahe mengandung 80 kalori, 1,82 gram protein, dan 2 gram serat makanan.

Dalam penelitian yang diterbutkan dalam Journal of Ethnic Foods, mengonsumsi jahe bisa membantu mengurangi kadar A1C dan kadar glukosa serum puasa pada penderita diabetes tipe 2.

Baca Juga: 5 Alasan Penting Kenapa Santap Menu Lebaran Dianjurkan dengan Acar

Penelitian lainnya yang diterbutkan dalam Journal of Complementary and Integrative Medicine melaporkan bubuk jahe bisa meningkatkan kontrol glikemik pada orang dewasa penyandang diabetes tipe II yang tidak menggunakan insulin.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine, jahe memiliki mekanisme pengendalian gula darah yang potensial.