Find Us On Social Media :

Fekal Oral dan Droplet Jadi Sumber Penularan Hepatitis Akut Misterius, Ini Cara Mencegahnya

Mengenal fokel oral dan droplet yang diduga jadi sumber penularan hepatitis akut misterius.

GridHEALTH.id - Penyebab maupun sumber penularan dari penyakit hepatitis akut misterius hingga saat ini belum diketahui secara pasti.

Meski begitu, dugaan awal untuk sumber penularan dari hepatitis akut ini paling kuat adalah fekal oral dan melalui saluran pernafasan atau droplet.

Hal itu seperti diungkap Ahli Gastrohepatologi Anak, DR dr. Muzal Kadim, Sp.A(K).

Menurut dr. Muzal, penularan fekal oral yaitu penularan lewat saluran pencernaan yang ditularkan melalui mulut.

Sementara untuk penularan lewat droplet ini mengacu pada Adenovirus yang diduga sebagai virus penyebab dari hepatitis akut misterius.

“Kalau kita merujuk kepada yang paling mungkin sebagai penyebab ini adalah diduga Adenovirus walaupun sebenarnya Adenovirus selama ini adalah virus penyebab diare."

"Sampai sekarang pada kasus (hepatitis akut) yang ditemukan di Inggris, Amerika itu ada Adenovirus."

"Tapi apakah (Adenovirus) ini sebagai penyebab atau sebagai co-insiden saja, jadi masih ada faktor x yang belum diketahui,” ujarnya.

Melihat dugaan tersebut, dr. Muzal menghimbau agar orang tua meningkatkan kewaspadaan dengan melakukan tindakan pencegahan.

Baca Juga: Infeksi Hepatitis Akut Anak Sudah Berat Jika Sudah Muncul Gejala Ini, Kecil Harapan Bisa Tertolong

Langkah awal yang bisa dilakukan dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

“Kita harus mencegah semua penularan yang dari fekal oral, seperti cuci tangan, kebersihan makanan, kebersihan air dan jangan makan bersama atau menggunakan alat makan bersama kalau dicurigai ada yang menderita gejala hepatitis seperti demam, diare, mual muntah,” ujarnya.