Find Us On Social Media :

Healthy Move, Tidak Disangka Tepuk Tangan Ternyata Dianggap Olahraga yang Bisa Membakar Kalori

Tepuk tangan memberi manfaat kesehatan setara dengan berolahraga.

GridHEALTH.id - Bertepuk tangan dikaitkan dengan semua hal baik dalam promosi kehidupan, nilai bagus, perayaan, dan banyak lagi. Ini terkait dengan kebahagiaan dalam hidup kita.

Tubuh kita memiliki 340 titik tekanan yang diketahui, 28 di antaranya berada di tangan kita, kata Dr Rahul Dogra dari kelompok Ayurveda Kairali, New Delhi.

Seseorang dapat mengidentifikasi titik-titik tekanan tersebut dan memijatnya untuk menikmati manfaat luar biasa yang ditawarkan terapi tekanan.

Titik-titik ini memiliki koneksi langsung ke berbagai organ tubuh, yang berarti kita dapat merangsang titik-titik tekanan ini untuk mengurangi rasa sakit di berbagai organ tubuh.Untuk terapi kesehatan dan olahraga, ada 'ritual' untuk memulainya. Yaitu, kita harus mengoleskan kelapa, minyak mustard atau campuran keduanya pada telapak tangan sehingga akan diserap oleh tubuh.

Kenakan kaus kaki dan sepatu kulit untuk mencegah kebocoran gelombang energi yang dihasilkan dalam tubuh.

Pukul kedua tangan satu sama lain, dari kanan ke kiri, jaga agar tetap lurus saling berhadapan dan lengan sedikit longgar.

Ujung jari dan telapak tangan masing-masing harus saling memukul. Terapi ini disarankan di pagi hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.Bertepuk tangan selama 20 hingga 30 menit di pagi hari membuat kita tetap bugar dan aktif. Seperti disebutkan tepukan merangsang sirkulasi darah, sirkulasi darah ini menghilangkan semua penghalang di pembuluh darah dan arteri, termasuk kolesterol jahat, saran Dr Dogra.

Baca Juga: Healthy Move, Lebih Berisiko Tapi Ini 9 Manfaat Melakukan Olahraga Ekstrem

Baca Juga: Apakah Ada Hubungan Antara Masalah Tulang Belakang Dan Tiroid? Ini Jawaban Ahli

Lima titik akupresur utama di tangan yang dipicu saat bertepuk tangan adalah titik lembah tangan, titik pangkal jempol, titik pergelangan tangan, titik gerbang dalam dan titik kuku jempolPoin-poin ini terkait dengan manfaat kesehatan berikut:1. Bertepuk tangan memainkan peran penting dalam menyembuhkan masalah jantung dan paru-paru seperti asma.2. Memberikan bantuan dari punggung, leher, dan nyeri sendi.3. KIta juga bisa mendapatkan bantuan dari asam urat dengan bertepuk tangan.4. Bermanfaat bagi penderita tekanan darah rendah.5. Tepuk tangan adalah terapi yang efektif untuk gangguan pencernaan. 6. Bertepuk tangan membantu peningkatan keterampilan anak-anak dan meningkatkan kinerja akademik mereka.

Anak-anak yang bertepuk tangan secara teratur juga cenderung membuat lebih sedikit kesalahan ejaan daripada teman sebayanya.

Baca Juga: Stroke Mata Bisa Sebabkan Kebutaan, Gejalanya Sering Tak Disadari

Baca Juga: Cuaca Panas Membawa Dampak Kesehatan, Bisa Menyebabkan Gangguan Mental

7. Tepuk tangan mengasah otak anak.8. Bertepuk tangan meningkatkan kekebalan dan dengan demikian mencegah penyakit. 9. Bertepuk tangan selama setengah jam setiap hari membantu mereka yang menderita diabetes, radang sendi, hipertensi, depresi, sakit kepala kronis, pilek, insomnia, masalah mata, dan rambut rontok.10. Orang yang tinggal di rumah ber-AC dan bekerja di kantor yang tidak berkeringat sama sekali harus berlatih terapi tepuk tangan karena akan membantu sirkulasi darah dalam tubuh dan membersihkannya sepenuhnya. (*)