Find Us On Social Media :

Stroke Mata Bisa Sebabkan Kebutaan, Gejalanya Sering Tak Disadari

Stroke mata bisa timbul karena adanya pembekuan darah di retina.

GridHEALTH.id - Seperti stroke di otak, stroke mata atau oklusi arteri retina  terjadi ketika aliran darah tersumbat di retina, lapisan tipis jaringan di mata yang membantu kita melihat. Ini dapat menyebabkan penglihatan kabur dan bahkan kebutaan.Arteri membawa darah ke retina dari jantung. Tanpa aliran darah, sel-sel di retina tidak mendapatkan cukup oksigen.

Mereka dapat mulai mati dalam beberapa menit atau jam. Stroke mata adalah keadaan darurat. Jika tidak segera diobati, dapat merusak penglihatan secara permanen.

Penyebab stroke mata biasanya karena penyumbatan berasal dari bekuan darah. Bekuan dapat terbentuk di retina atau berjalan ke sana dari bagian tubuh yang lain. Penyumbatan juga bisa terjadi setelah sepotong plak lemak menyumbat arteri.Jika kita memiliki kondisi yang memengaruhi pembuluh darah termasuk diabetes, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, atau penyakit jantung hal itu dapat meningkatkan peluang terkena stroke mata.Hal-hal lain yang membuat oklusi arteri retina lebih mungkin termasuk proses penuaan, merokok, trauma pada mata, kerusakan akibat perawatan radiasi, penyakit ginjal, gangguan pembekuan seperti penyakit sel sabit, pil KB, dan penyakit arteri karotis.

Bisa juga karena irama jantung yang tidak normal seperti fibrilasi atrium, vaskulitis, peradangan pada dinding pembuluh darah, dan kehamilan.Gejala dan tanda utama stroke mata adalah perubahan penglihatan yang tiba-tiba. Ini hampir selalu terjadi hanya pada satu mata. Kita biasanya tidak akan merasakan sakit apa pun.

Tetapi kita bisa merasakan kehilangan sebagian atau seluruh penglihatan, tidak bisa melihat dari sisi mata, penglihatan kabur atau terdistorsi atau ada titik buta.

Baca Juga: Mata Terlihat Sembab Setelah Bangun Tidur, Ini 7 Cara Mengatasinya

Baca Juga: Cuaca Panas Membawa Dampak Kesehatan, Bisa Menyebabkan Gangguan Mental

Jenis stroke mata yang paling umum disebut oklusi arteri retina sentral. Tandanya, kita mungkin dapat melihat gerakan tangan, tetapi tidak lebih.

Jarang, penglihatan mungkin kembali dengan sendirinya. Jika  memiliki penyumbatan yang kurang serius di arteri yang lebih kecil, penglihatan mungkin kembali normal sekitar 80% dari waktu ke waktu.

Dokter akan memeriksa mata dan menanyakan riwayat kesehatan. Mereka mungkin meminta  untuk membaca grafik mata.

Mereka juga akan meneteskan obat ke mata untuk membuka pupil dan menggunakan oftalmoskop untuk memeriksa retina apakah ada penyumbatan atau pendarahan.

Ada hitungan menit untuk menyelamatkan penglihatan setelah stroke mata. Kita dapat menghindari cedera yang berkepanjangan jika dokter dapat membersihkan penyumbatan arteri sentral dan memulihkan aliran darah dalam waktu 90-100 menit. Tapi setelah 4 jam, penyumbatan bisa merusak penglihatan untuk selamanya.Dokter mungkin mencoba satu atau lebih perawatan berikut:- Pijat mata. Dokter akan memijat kelopak mata tertutup kita dengan jari untuk mengeluarkan gumpalan.