Find Us On Social Media :

7 Gejala Awal Kanker Usus yang Sering Terjadi, Tak Boleh Disepelakan

Mengenal gejala awal kanker usus sebelum menyebar dan semakin parah.

GridHEALTH.id – Mengenali gejala awal kanker usus, merupakan hal penting agar bisa mendapatkan penanganan sedini mungkin.

Kanker usus adalah kondisi saat sel kanker tumbuh dengan tidak terkendali di dalam usus, yang merupakan bagian dari saluran cerna.

Dilansir dari Mayo Clinic, kanker usus paling sering terjadi pada orang dewasa. Namun, tidak menutup kemungkinan dialami juga oleh kelompok usia lain.

Kondisi ini umumnya dimulai dengan gumpalan kecil non-kanker yang disebut polip, terbentuk di bagian dalam usus besar.

Seiring berjalannya waktu, polip dapat berubah menjadi kanker usus besar. Penyebab pasti dari kondisi ini memang belum diketahui.

Namun, terdapat beberapa faktor risiko kanker usus kemungkinan seseorang mengalami kondisi ini.

Misalnya berusia di atas 50 tahun, mempunyai riwayat kanker kolorektal atau polip, kondisi usus inflamasi, keluarga ada yang pernah terkena kanker usus, dan pola makan rendah serat tapi tinggi lemak.

Selain itu, risiko kanker usus juga besar pada orang-orang yang senang bermalas-malasan, penyandang diabetes, obesitas, merokok, dan minum-minuman beralkohol.

Gejala awal kanker usus

Baca Juga: Risiko Seks Anal, Penyakit Menular Seksual Hingga Kanker Anus

Kanker usus mungkin tidak akan menimbulkan gejalanya secara langsung. Beberapa gejala mungkin bisa disebabkan oleh masalah lain, seperti infeksi wasir, sindrom iritasi usus, atau radang usus.

Sehingga sangat penting untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan dokter, apabila mengalami gejala awal kanker usus.