Find Us On Social Media :

Sebesar Ini Biaya Kuliah Kedokteran yang Menurut PDSI Harus Direvisi, IDI Mendukung

Penyebab sekolah biaya sekolah dokter mahal.

GridHEALTH.id – Sekolah kedokteran bukan hanya memakan waktu yang cukup lama, tapi juga menelan biaya yang tinggi.

Polemik biaya sekolah dokter mahal, menjadi sorotan Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia (PDSI).

PDSI mendorong adanya revisi Undang-Undang (UU) Nomor 29 Tahun 2004 tentang Praktik Kedokteran dan UU Nomor 20 Tahun 2013 mengenai Pendidikan Kedokteran.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Umum PDSI Brigjen (Purn) Jajang Edi Priyatno dan jajarannya, saat menemui Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres).

“Reformasi kesehatan dengan revisi aturan hukum tersebut antara lain mencakup tentang reformasi pendidikan kedokteran, mekanisme dokter Indonesia lulusan luar negeri, dan praktik dokter yang berstatus warga negara asing di Indonesia,” bunyi keterangan tertulis yang dikutip dari laman watimpres.go.id via Kompas.com, Rabu (18/05/2022).

Beni Satria Ketua Bidang Hukum Pembelaan dan Pembinaan Anggota (BHP2A) Ikatan Dokter Indonesia (IDI), mendukung usulan revisi dua undang-undang tersebut.

“Selama dilakukan untuk kepentingan dan keselamatan rakyat bukan kepentingan pribadi dan perhimpunan, maka IDI akan mendukung, hal ini tentu sejalan dengan visi IDI Reborn,” ujarnya.

Namun, ia meningatkan bahwa revisi UU merupakan kewenangan DPR dan pemerintah.

Selama ini, IDI selaku organisasi profesi telah menjalankan amanah UU dengan penuh tanggung jawab, seperti yang diatur dalam kode etik kedokteran Indonesia.

Baca Juga: PDSI Usul UU Pendidikan Kedokteran Direvisi, IDI Dukung Selama Bukan Untuk Kepentingan Pribadi

Lantas, seberapa mahalnya biaya sekolah dokter di Indonesia?

Mengutip Kompas.com (04/01/2022), biaya jurusan atau program studi (prodi) Kedokteran di setiap universitas berbeda-beda.