Find Us On Social Media :

Ahli Epidemiologi: Indonesia Bisa Masuk Endemi Covid-19 Akhir 2022

Presiden Joko Widodo bersiap memberikan pernyataan tentang perkembangan kasus COVID-19 khususnya varian Omicron di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Jumat (28/1/2022). Presiden Joko Widodo menyampaikan kasus penularan COVID-19 varian Omicron akan terus meningkat dalam beberapa pekan ke depan,

GridHEALTH.id - Indonesia diprediksi baru bisa memasuki masa endemi Covid-19 pada akhir 2022.

Hal itu dikatakan langsung oleh Ahli Epidemiologi dari Universitas Griffith Australia, Dicky Budiman, seperti dilansir dari tempo.co (18/5/2022).

Menurut Dicky, prdiksi tersebut berdasarkan kondisi terkini penanganan dan pengendalian pandemi Covid-19 yang ada di Indonesia.

"Prediksi saya, situasi krisis kesehatan pandemi ini bisa dicabut paling cepat akhir tahun 2022 atau awal tahun 2023 dengan asumsi hanya sepertiga negara di dunia yang masuk dalam kategori terkendali atau endemi," ujarnya.

Lebih lanjut, Dicky mengatakan syarat Covid-19 beralih status dari pandemi menjadi endemi, adalah tercapainya cakupan vaksinasi dosis dua secara global sebesar 70 % pada Oktober 2022.

Sementara untuk Indonesia saat ini cakupan vaksinasi dosis dua sudah mencapai 79,86 % dan dosis ketiga 20,54 %.

"Syarat terakhir tidak adanya varian atau subvarian Covid-19 baru yang mematikan atau memperburuk, menurunkan efektivitas vaksinasi," kata Dicky.

Untuk saat ini, Dicky mengatakan Indonesia belum bisa masuk dalam tahapan endemi.

Menurutnya status tersebut baru bisa ditetapkan per wilayah saja.

Baca Juga: Covid-19 Korut Berisiko Timbulkan Varian Baru dan Kematian yang Tinggi

"Status endemi itu bisa dicapai oleh wilayah, tapi belum nasional yang masih butuh waktu. Kalau wilayah bisa lah dengan angka produksi misalnya paling tinggi positivity rate di bawah 5 %, misalnya. Tapi ini kan bicara nasional, jadi belum lah," kata Dicky.

Sebelumnya, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menyatakan bahwa Indonesia sudah mulai melakukan transisi dari pandemi menuju fase endemi.